Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:25:43ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-11-22T08:21:33Z2016-11-22T08:21:33Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22643This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/226432016-11-22T08:21:33ZKEHIDUPAN PESERTA DIDIK BIPOLAR
(STUDI KASUS DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kehidupan peserta didik yang
mengalami gangguan bipolar dan layanan bimbingan konseling Islam yang sesuai.
Gangguan bipolar adalah suatu gangguan yang ditandai dengan perubahan mood
antara rasa girang yang ekstrem dan depresi yang parah (mood swing).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik
observasi partisipasi lengkap, wawancara mendalam dan studi dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, peserta didik yang mengalami gangguan bipolar di
Madrasah Mu‟allimaat Muhammadiyah Yogyakarta sudah dialami sejak bulan
Ramadhan tahun 2013. Untuk mengurangi dan mengatasi munculnya mood swing
selain pendampingan dari psikiater, sangat diperlukan pendampingan dari guru
yang memiliki kemampuan dalam bimbingan konseling.
Bimbingan konseling Islam akan membantu dalam mengembangkan fitrah
beragama yang dimilikinya secara optimal melalui beberapa layanan yang
dibutuhkan. Layanan yang sering dibutuhkan adalah layanan konsultasi, layanan
penempatan dan penyaluran, layanan konseling individu serta home visit. Setelah
pemberian layanan yang bersifat kontinue perawatan secara medis dengan dosis
15 mg menjadi 5 mg, kunjungan ke psikiater tidak sesering sebelumnya.NIM. 1420410038 ATUN PRIYATI, SPD