Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:34:25ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-08-30T02:48:50Z2017-07-28T02:18:05Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9169This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/91692013-08-30T02:48:50ZUPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER
MELALUI TOKOH WAYANG
DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA
DI SMP NEGERI 18 PURWOREJO
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang
upaya penanaman nilai karakter melalui tokoh wayang di SMP N 18 Purworejo,
faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai karakter melalui tokoh
wayang dan bagaimana dampaknya terhadap perilaku keagamaan siswa.
Penelitian ini menarik dikaji karena objek yang dijadikan penanaman nilai adalah
wayang. Dalam pewayangan terdapat nilai-nilai karakter dan pesan moral yang
dapat dijadikan panutan dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar
SMP N 18 Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan
pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, dan menyusunnya berdasarkan
pemahaman data yang sudah diperoleh kemudian memeriksa keabsahan data
dengan mengadakan triangulasi dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, upaya penanaman nilai
karakter melalui tokoh wayang dilakukan dengan cara pemasangan gambar tokoh
wayang, pemutaran video cerita wayang, dan melalui pembelajaran. Kedua, faktor
pendukung intern yaitu guru mengerti karakter dalam pewayangan, siswa
merupakan masyarakat jawa yang tidak asing dengan wayang, dan muatan tentang
wayang yang terdapat dalam pelajaran Bahasa Jawa. Faktor pendukung ekstern
yaitu wayang merupakan kebudayaan Indonesia yang harus dilestarikan,
lingkungan masyarakat sering mengadakan pagelaran wayang, dan masih ada
penggemar wayang. Faktor penghambat intern yaitu minat siswa yang berbedabeda
terhadap wayang, tidak ada pembinaan tentang wayang kepada guru, dan
kurangnya alat peraga yang berhubungan dengan wayang. Faktor penghambat
ekstern yaitu pengaruh globalisasi, cerita pewayangan yang abstrak, dan
perkembangan teknologi yang semakin canggih. Ketiga, dampak penanaman nilai
karakter melalui tokoh wayang terhadap perilaku keagamaan siswa dari segi
kognisi meliputi nilai mata pelajaran PAI yang selalu meningkat dan kejuaraankejuaraan
di bidang keagamaan yang diperoleh siswa. Dari segi afeksi meliputi
kesadaran berdoa sebelum pelajaran dimulai dan setelah pelajaran, membaca AlQur‟an
sebelum pelajaran dimulai tanpa disuruh oleh guru, dan semakin banyak
siswa yang memakai jilbab/kerudung. Dari segi konasi meliputi, akhlak kepada
Allah yaitu selalu mengerjakan sholat dhuhur berjama‟ah, mengambil air wudhu
dan sholat dengan tertib, akhlak terhadap sesama makhluk Allah yaitu kesadaran
berinfaq semakin tinggi, tingkat sopan santun meningkat, saling menghargai dan
menghormati, akhlak terhadap alam sekitar yaitu sekolah semakin bersih, tanaman
yang ada di sekolah terawat dengan baik, dan siswa tidak membuang sampah
sembarangan.
NIM. 09410193 AULIA FAJRI PURNAMASARI