Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:41:53ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-08-22T02:31:32Z2018-08-06T03:55:41Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9144This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/91442013-08-22T02:31:32ZPERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS DAN
RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(KAJIAN NOVEL INDONESIA MENGAJAR KARYA PENGAJAR MUDA)AYU FAIZA ALGIFAHMY. Peran Guru Dalam Mengembangkan Life
Skills dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islam (Kajian Novel
Indonesia Mengajar Karya Pengajar Muda). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
2013. Latar belakang penelitian ini tentang pendidikan yang belum merata di
Indonesia. Problem pendidikan tersebut perlu diatasi dengan peningkatan kualitas
program pendidikan yang lebih tepat guna dan efektif dalam mempersiapkan
lulusan sebagai generasi yang berkepribadian tangguh, memiliki kemandirian,
keberanian dan kemampuan mencari alternative dan memecahkan permasalahan
hidup secara bertanggung jawab. Peningkatan kualitas program pendidikan ini
harus dilakukan secara menyeluruh yang mencakup pengembangan dimensi
manusia Indonesia seutuhnya baik jasmani maupun rohani, dengan
mengembangkan aspek-aspek spiritual, moral, akhlak, budi pekerti, pengetahuan,
keterampilan, seni, olahraga dan perilaku.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research).
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan semiotik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif maka metode yang digunakan untuk
menganalisis data adalah metode analisis isi. Semiotik secara metodologis
membedakan tingkat formasi dan prosedur deduktif (deduktif menjelaskan makna
sebait teks) dan induktif (menjelaskan konteks pada sebuah teks). Komunikasi
atau proses semiotik menunjukkan hubungan antara tanda (sign) dan pertanda
(signified) melalui makna. Teks dalam semiotik terdiri atas dua komponen, yaitu
struktur lahir dan struktur batin.
Hasil penelitian ini menemukan Peran Guru dalam mengembangkan Life
Skills dalam novel Indonesia Mengajar Karya Pengajar Muda antara lain: Peran
guru sebagai korektor, inspiratory, informator, organisator, Motivator, inisiator,
fasilitator, pembimbing, demonstrator, pengelola kelas, mediator, supervisor,
evaluator. Muatan life skills yang terkandung dalam novel Indonesia mengajar
karya pengajar muda ada dua macam, yang pertama kecapakan personal
(personal skills) berupa kesadaran spiritual yaitu kesadaran dalam meyakini Allah
pencipta dirinya dan alam lingkungannya, kesadaran akan potensi berupa
kesadaran untuk bertindak tepat dan proporsional, dan kecakapan berpikir berupa
kecakapan untuk mendapatkan informasi, serta memecahkan masalah dengan cara
yang bijaksana dan kreatif. Kedua adalah kecakapan sosial (social skills) berupa
kecakapan komunikasi, yaitu kecakapan mendengarkan, menuliskan ide atau
opini, dan kecakapan mengkolaborasi yaitu kecakapan bekerjasama serta
kecakapan sebagai pemimpin dengan empati. Relevansi peran guru dalam
megembangkan life skills pada novel Indonesia Mengajar karya Pengajar Muda
terhadap pendidikan agama Islam yaitu: mua’lim, murabby, mursyid, muddaris,
mu’addib, dan ustadz. Serta dalam muatan life skills dengan pendidikan agama
Islam terdapat kandungan berupa: kesadaran spiritual (beriman kepada Allah,
bertakwa kepada Allah, dan berbuat baik), kesadaran akan potensi (percaya diri,
ridho), kecakapan berpikir (sabar), kecakapan komunikasi (bersungguh-sungguh,
berjihad), dan kecakapan mengkolaborasi (tolong menolong, amanah, adil, dan
rasa persaudaraan sesama muslim).NIM. 09410035 AYU FAIZA ALGIFAHMY