Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:02:03ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-03-17T06:35:34Z2017-03-17T06:35:34Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24617This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/246172017-03-17T06:35:34ZNAMIMAH (ADU DOMBA) DALAM PROGRAM TALKSHOW RUMPI NO SECRET DI TRANS TV 8 DAN 9 MEI 2015 (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA)Dalam penelitian ini, peneliti mengangkat talkshow televisi sebagai bahan
penelitian. Talkshow yang dianalisis adalah talkshow Rumpi No Secret. Penelitian
ini menganilisis dua tayangan talkshow Rumpi No Secret 8 dan 9 Mei 2015.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena namimah atau adu domba sebagai
sebuah pesan yang direpresentasikan dalam program acara talkshow Rumpi No
Secret melalui tindakan dan kata-kata yang direkam dalam bentuk audio visual
dilakukan oleh host maupun narasumber. Representasi amimah sebagai sebuah
pesan mampu mengubah pola pemikiran dan pola perilaku masyarakat secara
langsung dan namimah sebagai sebuah pesan yang direpresentasikan dapat
mengngatkan masyarakat akan bahayanya karena dapat merusak dan memutus tali
silahturahmi. Penelitian ini menggunakan studi analisis semiotika milik Charles
Sanders Peirce.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian analisis kritis dengan pendekatan
kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling.
Peneliti melakukan wawancara mendalam kepada empat orang informan yang
merupakan penggemar setia program talkshow Rumpi No Secret. Hal ini
dilakukan sebagai pembanding dari hasil yang peneliti temukan dengan persepsi
dari masyarakat terhadap pesan perbuatan namimah. Informan tersebut terdiri dari
seorang mahasiswi, karyawan swasta, dan dua orang ibu rumah tangga.
Setelah dilakukan analisis, hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa
sebuah pesan namimah dipahami oleh masyarakat dengan persepsi yang berbeda
yang menimbulkan efek terhadap perubahan pola pikir dan perilaku mereka
terhadap sebuah pesan, dalam hal ini adalah namimah yang direpresentasikan
melalui tindakan dan kata-kata yang dilakukan baik itu oleh host maupun
narasumber.NIM. 12210023 AYU NUR AFIANTI