Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:31:43ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2021-07-28T12:51:41Z2021-07-28T12:51:41Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43148This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/431482021-07-28T12:51:41ZSENI BERCERITACerita memang nyatanya dapat mengungkapkan banyak hal yang tersimpan dalam
fikiran maupun perasaan seseorang, yang dengan sedemikian rupa cara bercerita, dapat
mempengaruhi sikap dan perilaku orang lain yang menerima atau mendengarkan cerita
tersebut. Telah banyak penelitian ilmiah yang menemukan bahwa bercerita berhubungan
dengan kondisi emosi seseorang dan berpengaruh terhadap perilakunya. Hasil dari
penelitian-penelitian tersebut menjadikan cerita sebagai metode pembelajaran yang
favorit yang digemari, khususnya dalam praktik pendidikan anak usia dini. Kompleksitas
proses mental yang terjadi ketika seseorang bercerita, yang hal itu ternyata dapat
mempengaruhi sikap dan perilaku orang lain yang menerima cerita, menjadikan metode
bercerita ini sebagai sebuah seni, oleh karena teknik penyampaiannya yang indah dan
bernuansa afektif.- Siti Zubaedah- Azhariansah- Laily Hidayati2013-06-03T14:34:00Z2013-06-03T14:34:00Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8035This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/80352013-06-03T14:34:00ZPENDEKATAN PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAKManusia dibckali oleh dua potensi, yaitu potensi untuk menjadi orang yang baik dan
potensi untuk menjadi orangyangjahat Kecenderungan manusia dalam melakukan akbiak
baik atau buruk, merupakan bentuk dariproses, dari baik ke buruk dan kembali lagi ke
baik, atau tetap dalam keburukan dan dari baik tetap kepada yang baik. Proses inilah
yang sebenamya sangat berperan dalam membentuk terminal akhir dari kecendentngan
manusia. Proses ini harus dimuhi sejak keril. Untuk mencapai maksud tersebut,
diperlukan sebuab maha agar mereka tetap bertahan dalam kebaikan. Cara jangpaling
e/ektifadalah denganpendidikan akhlak. Akan tetapi, tisaha tersebut sulit akan tercapai
dengan optimal jika tidak diimbangi dengan pemahaman yang memadai dalam
penyampaiannya. Pendekatan yang mungkin dapat dipergunakan adalah (1) pendidikan
secara langsung, (2) pendidikan secara tidak langsung, dan (3) mengambil manfaat dari
kecenderungan danpembawaan anak.- AZHARIANSAH