Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:00:48ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-03-14T07:14:34Z2016-09-23T03:03:07Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10474This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/104742014-03-14T07:14:34Z
STRATEGI MENINGKATKAN SHARE PEMBIAYAAN MUDHARABAH
PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA
(SUPPLY-DEMAND-SUPPORT STRATEGY)
ABSTRAK
Pembiayaan mudharabah merupakan produk yang mewakili core value
perbankan syariah yang membedakannya dengan perbankan konvensional.
Menurunnya share pembiayaan mudharabah merupakan hal yang sangat
mengkhawatirkan karena hal ini dapat diartikan sebagai pergeseran core value
perbankan syariah. Strategi yang tepat perlu disusun guna meningkatkan kembali
share pembiayaan mudharabah serta memperkuat eksistensinya dalam perbankan
syariah.
Penelitian yang dilakukan oleh penyusun adalah mengukur tingkat pengaruh
faktor-faktor yang mempengaruhi share pembiayaan mudharabah dengan menyusun
model-model regresi terhadap share pembiayaan mudharabah dan pada setiap faktor
yang mempengaruhi share pembiayaan mudharabah yaitu pricing, growth, dan nonperforming
financing pembiayaan modal kerja. Data dan sampel yang digunakan
dalam penelitian ini merupakan data yang diambil dari statistik perbankan syariah
periode bulanan selama 37 bulan yang dimulai dari bulan maret 2009 hingga bulan
maret 2012.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pricing dan non performing
financing pembiayaan modal kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
mudharabah share sedangkan mudharabah growth tidak berpengaruh secara
signifikan terhadap mudharabah share. Penelitian ini menghasilkan strategi supplydemand-support
guna peningkatan share pembiayaan mudharabah yang terdiri dari
enam hal yaitu komposisi cost of fund, paritas ekuivalen rate Produk Pendanaan,
persebaran jaringan, pengarahan pengembangan sumber daya manusia, integrasi
promosi-edukasi dan pengendalian non performing financing berbasis sektoral.
Kata kunci: Mudharabah, Share, Pricing, Growth, Non Performing Financing, dan
Supply-Demand-Support.
NIM. 08390142 AZHARI NUR KUSUMO