Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:46:51ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-07-16T01:17:10Z2017-05-05T01:02:10Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13615This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/136152014-07-16T01:17:10ZPROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KITAB KUNING
PADA SANTRIWATI TINGKAT MTS DI PONDOK PESANTREN
ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA
(TINJAUAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN)AZIZAH WULANDARI. Problematika Pembelajaran Kitab Kuning Pada
Santriwati Tingkat MTs Di Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta
(Tinjauan Manajemen Pembelajaran). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Bahasa Arab
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang berbagai
problematika pembelajaran kitab kuning di tinjau dari manajemen pembelajaran
pada santriwati tingkat MTs di Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak
Yogyakarta serta untuk mengetahui lebih jauh usaha-usaha apa saja yang
diperlukan demi menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Dari penelitian ini
diharapkan akan memberikan sumbangan pemikiran terutama dalam hal
pembelajaran kitab kuning.
Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif deskriptif dengan
mengambil objek penelitian santriwati tingkat MTs di Pondok Pesantren Ali
Maksum Krapyak Yogyakarta , alasannya bahwa belajar kitab kuning masih
dianggap susah dan lama untuk itu penulis ingin mengetahui manajemen
pembelajaran yang dilakukan dan problematika pembelajaran yang dihadapi.
Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi,
wawancara dan angket. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data
dan menelaah data, menyusun data, menganalisis data kemudian mengambil
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran kitab
kuning pada santriwati tingkat MTs di Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak
Yogyakarta meliputi a) Perencanaan, b) Pengorganisasian, c) Pelaksanaan, d)
Pengawasan/evaluasi. Problematika yang muncul terkait dengan manajemen
pembelajaran kitab kuning 1) Perencanaan, meliputi: Sedikitnya sarana
komunikasi antar pengurus, Kurangnya guru putri yang berpengalamandan
berkompeten, Jadwal pembelajaran kitab kuning yang beragam dan
membingungkan, 2) Pengorganisasian, meliputi: Sulit merekap presensi, Belum
adanya pelatihan bagi guru, Guru kitab kuning sering berhalangan masuk, 3)
Pelaksanaan, meliputi: Pelajaran penunjang kitab kuning yang diajarkan di
madrasah belum mencukupi, Santriwati kesulitan ketika
mengartikan/maknanidengan bahasa Jawa, Guru kurang tepat waktu dalam
memulai dan mengakhiri pembelajaran, Belum adanya sistem
pengawasan/penilaian yang merata dan menyeluruh. 4) Pengawasan/penilaian,
meliputi: Belum ada acuan hukuman bagi santriwati yang melanggar peraturan
kegiatan pembelajaran kitab kuning, Penyimpangan yang terjadi tidak dilaporkan
kepada pengurus pengajian.
Diantara usaha-usaha yang dilakukan pihak Pondok Pesantren adalah
saling membantu melakukan perbaikan terhadap kualitas pembelajaran,
Mengadakan bandongan untuk guru kitab kuning, Membuat jadwal kelompok
guru badal/pengganti, Guru menyelipkan pelajaran nahwu dan į¹£orof, Guru
maknani kitab kuning menggunakan bahasa Jawa diikuti dengan bahasa
Indonesia.NIM. 09420166 AZIZAH WULANDARI