Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:51:22ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-11-06T02:08:02Z2017-11-06T02:08:02Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28203This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/282032017-11-06T02:08:02ZSISTEM PENDIDIKAN MA’HAD DARUL QUR’AN WAL HADITS DAN
KONTRIBUSINYA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM
DI NUSA TENGGARA BARATQuddus al-Badani. Sistem Pendidikan Ma’had Darul Qur’an wal
Hadits dan Kontribusinya dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Nusa
Tenggara Barat. Lombok Nusa Tenggara Barat. Tesis. Program Studi Magister
Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri
Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2017.
Kondisi religius masyarakat Nusa Tenggara Barat khususnya Pulau Lombok
sebelum Maulana al-Syekh kembali dari Makkah sangatlah memperihatinkan.
Banyak terjadi penyimpangan dalam praktik-praktik keagamaan karena
berlandaskan ajaran turunan dari nenek moyang meraka, bukan berlandaskan
syari’at. Hadirnya Maulana al-Syekh merupakan sebagai rembulan di tengah
kegelapan, dengan kekayaan dan keluasan ilmu yang beliau miliki, beliau mampu
merubah tatanan religius masyarakat Nusa Tenggara Barat khususnya di Pulau
Lombok. Berawal dari mendirikan pesantren al-Mujahidin pada masa kolonial
Belanda sampai pada akhirnya, lahirlah Ma’had di tengah-tengah masyarakat
Lombok sebagai lembaga tafaqquh fi al-ddin sehingga masyarakat Lombok
mengetahui ajaran syari’at yang sebenarnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hal terkait
dengan: 1) Sistem pendidikan yang diterapkan di Ma’had serta, 2) Kontribusi
yang diberikan Ma’had untuk pengembangan pendidikan Islam di Nusa Tenggara
Barat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research) dengan
pendekatan kualitatif-deskriptif (deskriptif analitis)- dengan pendekatan
fenomenologis. Untuk mendapatkan data yang diperlukan menggunakan teknik
pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Sistem pendidikan yang
diterapkan di Ma’had merupakan konsep sistem pendidikan spiritual Maulana al-
Syekh terkait dengan komponen-komponen pendidikan tentang; a) kurikulum, b)
murid, c) guru (mursyid), d) bai’at dan ijazah serta e) metode pembelajaran; 1)
ceramah, 2) modeling (al-qudwah) dan 3) berhizib dan bertarekat. Dengan tujuan
supaya pipa keilmuan thullab-thalibat Ma’had menyambung kepada Maulana al-
Syekh dan guru-guru beliau di Makkah hingga kepada Rasulullah SAW. (2)
Kontribusi yang diberikan Ma’had ini untuk pengembangan pendidikan Islam di
Nusa Tenggara Barat yakni: a) Dengan mendirikan lembaga-lembaga pendidikan
seperti madrasah dan sekolah, b) mencetak kader-kader guru yang kaya akan
wawasan ilmu keagamaan. c) mencetak kader-kader Ulama’ atau Tuan Guru
dengan Mutakharrijin Ma’had melanjutkan belajar agama ke Madrasah as-
Sholatiyyah Makkah atau pendidikan keagamaan lainnya di Timur Tengah. d)
mencetak kader-kader Muballig dan Muballigah dengan mendirikan majlis taklim
dan melakukan safari ramadlan.
Kata kunci: Ma’had, Sistem Pendidikan, KontribusiNIM: 1520410022 Abd.Quddus Al-Badani