Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:16:08ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-11-01T07:13:25Z2017-11-01T07:13:25Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28098This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/280982017-11-01T07:13:25ZPERSEPSI GURU KIMIA TERHADAP PEMBELAJARAN KIMIA DI KELAS X SMA
NEGERI 1 SEWON BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi guru kimia terhadap
pembelajaran kimia di kelas X SMA Negeri 1 Sewon Bantul serta mengkaji
seberapa besar minat dan motivasi siswa dalam belajar kimia. Latar belakang
penelitian ini adalah karena fakta yang terjadi di SMA Negeri 1 Sewon Bantul di
mana banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran kimia.
Hal ini menimbulkan persepsi negatif dari guru kimia. Persepsi tersebut
menimbulkan semangat dan minat siswa terhadap pembelajaran kimia menurun.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif.
Objek penelitian dalam penelitian ini adalah guru kimia yang mengajar di kelas X
MIA SMA Negeri 1 Sewon Yogyakarta. Tujuan yang pertama diperoleh
menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan skala.
Instrumen pengumpulan data yang diperlukan yaitu pedoman observasi dan
panduan wawancara. Adapun tujuan kedua diperoleh dengan menggunakan skala.
Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar skala likert. Data
yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data yaitu; tabulasi
data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Data yang telah
diperoleh perlu dicek kembali keabsahannya menggunakan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan dua kecenderungan persepsi.
Kecenderungan pertama, yaitu pembelajaran kimia dianggap tidak menarik dan
sulit dipelajari. Hal ini disebabkan karena guru pada awalnya tidak menggunakan
strategi dan media pembelajaran sehingga siswa cenderung sulit memahami
materi pelajaran kimia. Hal ini yang menyebabkan persepsi guru kimia negatif.
Kecenderungan kedua, yaitu pembelajaran kimia ternyata menarik dan mudah
dipahami karena guru menggunakan strategi dan media pembelajaran yang tepat.
Indikatornya siswa nampak bersemangat dan cenderung aktif dalam pembelajaran.
Hal ini yang menyebabkan persepsi guru dalam pembelajaran kimia positif.NIM. 10670043 Achmad Munaji