Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:45:35ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2020-03-02T03:56:47Z2020-03-02T03:56:57Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35808This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/358082020-03-02T03:56:47ZIMPLEMENTASI METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA JASA TRANSPORTASI DI ETON RENT CAR YOGYAKARTAQuality Function Deployment (QFD) merupakan suatu metode yang salah satu tujuannya
untuk meningkatkan kualitas suatu pelayanan jasa berdasarkan apa yang diinginkan dan
dibutuhkan pelanggan. Dari segi pelanggan, kualitas suatu pelayanan jasa merupakan hal
yang harus ada di dalam suatu jasa pelayanan, khususnya jasa transportasi yang
mengutamakan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu dilakukan penelitian
ini untuk mengetahui atribut apa saja yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan
terhadap pelayanan jasa trasnportasi di ETON Rent Car sehingga perusahaan dapat
meningkatkan kualitas jasa pelayanan tersebut. Penelitian ini menggunakan QFD hingga
fase design deployment. Hasil dari penelitian ini adalah berupa matriks House of
Qualityyang dihasilkan pada QFD fase 1 dan matriks design deployment pada QFD fae 2.
Pada matriks House of Quality menghasilkan 6 karakteristik teknis yang dapat digunakan
perusahaan untuk meningkatkan kualitas yaitu Service (K1), Penjelasan Atas Keluhan
Kendaraan (K2), Kecepatan dalam Melayani (K3), Keramahan dan Kesopanan Staff (K4),
Solusi Atas Keluhan Kendaraan (K5) dan Kenyamanan Kendaraan (K6). Sedangkan pada
matriks design deployment dihasilkan 13 part of specification yang merupakan hasil
breakdown dari karakteristik teknis yaitu Tersedianya Kotak Saran Ditiap Unit (S1),
Custemers Service 24 Hours Per Day (S2), Terjadwalnya Service Unit Kendaraan (S3),
Tampilan Unit (S4), Sertifikasi Driver (S5), Meningkatkan Kemampuan Driver (S6),
Meningkatkan Kemampuan Staff Officce (S7), Sertifikasi Profesional Staff (S8),
Standarisasi Keamanan Unit (S9), Upgrade Cabin Unit (S10), Modernisasi Unit (S11), Edukasi Etika (S12) dan Seleksi Staff dan Driver (S13).NIM. 12660024 Ade Kosasih