Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:14:35ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2020-05-08T06:25:33Z2020-05-08T06:25:33Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39239This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/392392020-05-08T06:25:33ZPENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA UNTUK
MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN
MOTIVASIPenelitian ini bertujuan menghasilkan komik matematika untuk
memfasilitasi pemahaman konsep dan motivasi belajar yang layak
digunakan sebagai sumber belajar siswa SMP/MTs. Pemahaman konsep
siswa merupakan suatu kemampuan dan kecakapan siswa dalam
menerjemahkan, menafsirkan, dan menyimpulkan suatu konsep
matematika berdasarkan pengetahuan yang dimiliki dan bukan sekedar
hafalan. Motivasi belajar siswa adalah dorongan belajar siswa yang
dipengaruhi oleh dirinya sendiri dan lingkungannya.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and
development) dengan model prosedural. Prosedur pengembangan yang
dimaksud merupakan prosedur pengembangan menurut Depdiknas yang
diadaptasi dari prosedur pengembangan Borg and Gall. Langkah-langkah
prosedur pengembangan tersebut yaitu : 1) analisis produk, 2)
pengembangan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji coba lapangan
skala kecil, dan 5) uji coba lapangan skala besar. Subjek dalam penelitian
pengembangan ini adalah siswa kelas VII C MTs N 9 Bantul. Instrumen
yang digunakan di antaranya : lembar skala motivasi, lembar validitas
instrumen, lembar penilaian komik, lembar keterbacaan komik, dan lembar
posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Pengecekan efektivitas, validitas, dan praktibilitas dilakukan pada
komik untuk mengetahui kelayakan produk. Komik dinyatakan valid
berdasarkan penilaian ahli yang memperoleh skor total 3,23 dari total skor
4. Komik juga dinilai efektif bersadarkan hasil post-test dan skala yang
berturut turut menunjukan ketuntasan 83,87 % dan 70%. Komik dinyatakan
praktis pula berdasarkan hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran, komik
mampu mencapai keterlaksanaan pembelajaran sebesar 70,24%. Oleh
karena itu, komik matematika yang dihasilkan pada penelitian
pengembangan ini layak digunakan untuk memfasilitasi pemahaman
konsep dan motivasi belajar siswa SMP/MTs.NIM. 14600028 Adit Saputra