Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:31:24ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2020-01-06T02:46:33Z2020-01-06T02:46:33Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37226This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/372262020-01-06T02:46:33ZUPAYA GURU DALAM MENGHADAPI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI KELAS I A SDN
GIWANGAN YOGYAKARTAPendidikan inklusif yang diterapkan di SDN Giwangan
Yogyakarta bertujuan untuk memfasilitasi ABK di luar sana agar dapat belajar bersama dan merasakan
pembelajaran bersama teman- teman sebayanya di sekolah umum.. Tanpa dipungkiri dalam penciptaan
pembelajaran di kelas inklusif tersebut terdapat hal-hal yang dapat dikatakan sebagai bentuk dari
problematika pembelajaran. Kesempatan kali ini tujuan penelitian yang dilakukan peneliti adalah:
(1) mengetahui proses pembelajaran pada anak tunagrahita ringan di kelas I A, (2) mengetahui
problematika pembelajaran yang terjadi pada anak tunagrahita ringan baik, serta
(3) mengetahui upaya guru dalam mengatasi problematika yang ada.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan penggunaan strategi studi kasus. Subyek
penelitian yaitu wali kelas I A yang mengajar di kelas yang memiliki target penelitian. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, pengumpulan dokumentasi, serta
catatan lapangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) penyesuaian yang dilakukan wali kelas dalam mengelola
pembelajaran, (2) wali kelas mendapati problematika selama melakukan perencanaan pembelajaran yaitu
dalam pembuatan RPP, guru juga mendapati problematika dalam pelaksanaan pembelajaran dalam hal
rombongan belajar yang melebihi batas maksimal, kemampuan belajar sang anak tunagrahita ringan yang
masih perlu penanganan khusus, (3) upaya yang dilakukan dengan modifikasi RPP, pengelolaan dan
manajemen disiplin kelas, pengembangan pengajaran yang tepat, serta pemberian perhatian khusus dan
pendampingan di kelas bimbingan.NIM : 15480014 Afrida Ayu Rahmawati