Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:44:10ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-08-12T02:36:22Z2016-08-12T02:36:22Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21605This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/216052016-08-12T02:36:22ZPENGEMBANGAN BUKU FIKSI SEBAGAI SUMBER BELAJAR
PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK PESERTA DIDIK
KELAS IV MI/SDLatar belakang dilakukannya penelitian ini adalah melihat fakta di
lapangan bahwa minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah. Berdasarkan
data United Nations Educational Scientific and Cultural Organization
(UNESCO) pada tahun 2012, indeks minat baca masyarakat Indonesia baru
mencapai angka 0,001. Pada observasi lapangan, diketahui bahwa peserta
didik tidak berminat untuk membaca buku pelajaran dan lebih tertarik
membaca buku fiksi. Padahal alokasi waktu untuk belajar di dalam kelas yang
sangat terbatas menuntut peserta didik untuk rajin membaca buku pelajaran.
Apabila hal ini dibiarkan, akan berdampak pada tidak tercapainya kompetensi
yang diharapkan.Agar peserta didik memiliki motivasi belajar dan mampu
menguasai materi pembelajaran, maka perlu adanya sumber belajar yang
lebih menarik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk buku fiksi
sebagai sumber belajar alternatif pada pembelajaran tematik tema berbagai
pekerjaan sub tema satu untuk peserta didik kelas IV MI/SD.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and
Development atau penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah wali
kelas IV dan peserta didik kelas IV MI/SD. Uji coba lapangan pada penelitian
ini dilaksanakan di MIN Yogyakarta I. Teknik pengumpulan data dengan
observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan
dengan cara pengumpulan data, penghitungan data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian,produk buku fiksi yang telah
dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar. Kelayakan buku fiksi
telah dinilai oleh 3 peer reviewer, 3 dosen ahli, dan 2 wali kelas IV MI/SD
serta direspon oleh 10 peserta didik kelas IV MI/SD. Penilaian produk buku
fiksi yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian 3 peer reviewer adalah
Sangat Baik (SB) dengan jumlah skor 93. Berdasarkan penilaian ahli materi
adalah Sangat Baik (SB) dengan jumlah skor 33. Berdasarkan penilaian ahli
media adalah Baik (B) dengan jumlah skor 23. Berdasarkan ahli bahasa
adalah Sangat Baik (SB) dengan jumlah skor 41. Berdasarkan 2 wali kelas IV
MIN Yogyakarta I adalah Sangat Baik (SB) dengan jumlah skor 93,5.
Berdasarkan hasil perhitungan uji respon oleh 10 peserta didik kelas IV MIN
Yogyakarta I, buku fiksi mendapatkan respon positif dengan hasil persentase
keidealan 93,07%.NIM : 12480043 Agustina Kusumawati