Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:02:31ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2020-03-02T03:57:04Z2020-03-02T03:57:12Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35813This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/358132020-03-02T03:57:04ZPEMETAAN RUTE DISTRIBUSI AIR MINERAL CLEO DENGAN METODE NEAREST NEIGHBOUR DAN MIXED INTEGER LINIER PROGRAMMING STUDI KASUS PT. SENTRALSARI PRIMA SENTOSA ( YOGYAKARTA )PT Sentralsari Prima Sentosa merupakan anak perusahaan dari PT Sariguna
Primatirta untuk mendistribusikan produk Air Murni Cleo wilayah Yogyakarta.
Saat ini, proses pendistribusian oleh perusahaan dilakukan dengan cara
penerimaan order terlebih dahulu kemudian setelah order diterima baru akan
dilakukan pengiriman kepada pelanggan oleh driver/sales. Dalam peroses
pendistribusian produk, perusahaan memiliki permasalahan yaitu belum terdapat
pemetaan jalur distribusi kepada pelanggan sehingga diver/sales harus
menentukan sendiri rute mereka. Hal tersebut menimbulkan berbagai
permasalahan baru yang merugikan perusahaan maupun pelanggan. Karateristik
permasalahan distribusi perusahaan termasuk dalam VRPTW yaitu permasalahan
mencari rute dari suatu depot ke pelanggan yang letaknya tersebar dengan jumlah
permintaan yang berbeda-beda dan terdapat batasan time windows. Untuk
menyelesaikan permasalahan tersebut, digunakan Algoritma Nearest Neighbour
dan MILP (Mixed Integer Linier Programming) untuk menentukan rute
pendistribusian perusahaan. Berdasarkan hasil pengolahan dengan kedua metode
tersebut didapatkan 14 rute pengiriman dengan total jarak tempuh rute 1 24.9 km,
rute 2 37.14 km, rute 3 43.21 km, rute 4 37.8 km, rute 5 48.15 km, rute 6 46 km,
rute 7 20 km, rute 8 32.7 km, rute 9 62.1 km, rute 10 39.3 km, rute 11 51.45 km,
rute 12 29.1 km, rute 13 43.9 km, dan rute 14 42 km. Secara keseluruhan, rute
usulan yang diperoleh dari pengolahan dengan Nearest Neighbour dan MILP
mampu menurunkan jumlah rute sebanyak 13 %, total jarak tempuh sebesar 26%,
total waktu sebesar 26% dan biaya bahan bakar sebesar 26%.NIM. 12660046 Ahmad Faisal