Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:55:43ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-07-14T07:45:42Z2017-07-14T07:45:42Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26079This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/260792017-07-14T07:45:42ZPOLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBINA RELIGIOSITAS ANAK (Studi Kasus di Dusun Ambarrukmo RT 07 Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta)AMIR MUKMIN. Pola Asuh Orang Tua dalam Membina Religiositas Anak
(Studi Kasus di Dusun Ambarrukmo RT 07 Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta).
Skripsi. Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2006.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis
tcntang penerapan pola asuh orang tua dalam membina religiositas anak di Dusun
Ambarrukmo RT 07 Depok, Sleman, D.I.Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan
dapat menambah pengetahuan dan pemahaman tentang penerapan pola asuh tersebut.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, dengan lokasi Ambarrukmo
RT 07 Dcpok, Slcman, D.l.Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian populasi
terhadap keluarga beragama Islam yang mempunyai anak antara usia 7 - 12 tahun.
Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi) dan
wawancara mendalam. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap
data yang telah dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Sedangkan
pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi
sumber, yaitu dengan membandingkan dan mengecek batik derajat kepercayaan
suatu data (informasi) yang dipcrolch meblui sumber yang hcrhe(b
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kesadaran orang tua untuk mcnerapkan
pola asuh yang baik dan tepat dalam membina religiositas (keberagamaan) anak
ma:~ih ;cndah, tcrbukti dcng:m masih sediki1ny<l rmm~ 1n;-t l;-tki-l~ki mflupun
pcrempuan yang menerapkan pola asuh demokratis. padahal pola asuh demokratis
terbukti sangat epektif dalam usaha pembinaan religiositas anak dibandingkan
dengan pola asuh lainnya. Secara garis besar hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa
hal, yaitu: intensitas/kesernpatan orang tua dalarn berinteraksi dengan anak minim.
tingkat keberagamaan orang tua rendah serta keinginan yang kuat dari orang tua
supaya anaknya benar-benar mengerti dan mengamalkan ajaran agama akan tetapi
tidak didasari oleh pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang cata mernbina
keberagamaan anak dengan baik. (2) Anak yang dididik dengan pola asuh
demokratis cenderung lebih baik religiusitasnya dan memiliki kesadaran yang tinggi
dalam menjalankan kegiatan kcagamaan dari pada anak yang dididik dengan pola
asuh permisif atau otoriter.NIM. 01410861 AmirMukmin