Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:28:50ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2019-01-04T09:18:21Z2019-01-09T02:48:20Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32225This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/322252019-01-04T09:18:21ZEFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN “INI HURUF AWALKU”
UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB
(STUDI EKSPERIMEN SISWA KELAS VII MTS NEGERI 3 SLEMAN)
TAHUN AJARAN 2017/2018Latar belakang dalam penelitian ini adalah adanya fakta bahwa metode
pembelajaran yang diterapkan di MTs Negeri 3 Sleman masih monoton dengan
metode ceramah dan drill method serta kurang dalam menerapkan media
pembelajaran. Oleh karena itu, penulis mencoba menerapkan media pembelajaran
berupa permainan edukatif bahasa Arab “Ini Huruf Awalku” sebagai suatu media
pembelajaran alternatif. Penulis juga berharap bahwa media permainan ini dapat
meningkatkan hasil belajar siswa tentang penguasaan mufradat bahasa Arab.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan
pembelajaran mufradat melalui media permainan “Ini Huruf Awalku”. (2)
Mengetahui efektivitas penerapan media permainan “Ini Huruf Awalku” dalam
meningkatkan penguasaan mufradat bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian experimental research (penelitian
eksperimen). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas
eksperimen dan VII A sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara, observasi,
dokumentasi dan tes. Adapun tes dalam penelitian ini meliputi pretest dan
posttest. Penelitian ini menggunakan Non-Equivalent Control Group Design
sebagai desain penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar kelas
eksperimen mengalami peningkatan antara rata-rata nilai pretest dan posttest yaitu
59.75 menjadi 84.1944 dan hasil belajar kelas kontrol mengalami peningkatan
antara rata-rata nilai pretest dan posttest yaitu 56.5 menjadi 65.11. Hal ini
menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi
dibandingkan dengan rata-rata nilai posttest kelas kontrol. (2) Media permainan
“Ini Huruf Awalku” dikatakan efektif dalam pembelajaran mufradat di kelas VII
MTsN 3 Sleman. Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis data melalui uji-T
jenis Paired Sample T-Test dengan signifikansi 0.000 < 0.05, sesuai dengan
pedoman pengambilan keputusan maka diputuskan bahwa terdapat perbedaan
signifikan pada hasil pembelajaran mufradat siswa kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media permainan “Ini Huruf
Awalku” dapat digunakan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan
penguasaan mufradat bahasa Arab.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Permainan “Ini Huruf Awalku”, Pembelajaran
Mufradat.NIM: 14420108 Anjahana Fakhiroh