Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:48:02ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-10-09T08:35:18Z2017-10-09T08:35:18Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27159This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/271592017-10-09T08:35:18ZPEMBINAAN AKHLAK SISWA MELALUI
METODE PEMBIASAAN DI MI WAHID HASYIM YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2016/2017ANNA KHOIRUNISA, “Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Metode
Pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi.
Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta, 2017.
Zaman modern ini, anak-anak sejak dini harus mendapatkan perhatian
lebih serius terutama dalam pendidikan akhlak agar mereka tidak menjadi anakanak
yang lemah iman sehingga dapat tumbuh dewasa menjadi generasi yang
sholih dan sholihah. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah
bagaimana proses perencanaan pembinaan akhlak siswa dan bagaimana
implementasi metode pembiasaan dalam pembinaan akhlak siswa tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana proses pembinaan akhlak
terpuji siswa melalui metode pembiasaan.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana
proses perencanaan pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan di MI
Wahid Hasyim Yogyakarta, (2) bagaimana implementasi pembinaan akhlak siswa
melalui metode pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta, (3) apa faktorfaktor
yang menjadi kendala dalam pembinaan akhlak siswa melalui metode
pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil
lokasi di MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan
mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dapat
ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses perencanaan pembinaan akhlak
siswa melalui metode pembiasaan ini meliputi pembiasaan berjabat tangan dan
mengucapkan salam, membaca do’a sebelum pelajaran dimulai dan saat pelajaran
pada jam terakhir telah selesai, membaca sholawat, BTAQ dan tahfidz, sholat
Dhuha berjamaah, sholat Dhuhur berjamaa, infaq setiap hari Jum’at, saling
tolong-menolong, menjaga kebersihan lingkungan. Yakni dengan cara
merumuskan tujuan dan target, merekrut pengampu, menyediakan fasilitas yang
memadai, memaksimalkan dana dan evaluasi kegiatan.(2) Implementasi
pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan sudah cukup baik, setelah
dilakukan pembinaan akhlak melalui metode pembiasaan mengalami perubahan
perilaku yang positif. Perubahan itu dapat terlihat diantaranya: Pertama, siswa
yang mengikuti aturan yang telah diterapkan oleh madrasah. Kedua, tingkah
lakunya mengarah pada hal yang baik sesuai dengan ajaran agama diantaranya
berperilaku hormat, disiplin, murah hati, dan peduli pada sesama. (3) Faktorfaktor
pendukung meliputi manajemen waktu, minat dan motivasi siswa, serta
dukungan orang tua. Sedangkan faktor-faktor penghambat meliputi kurangnya
motivasi dan minat siswa, bimbingan guru dan pengampu yang kurang maksimal,
kurangnya dukungan orang tua.
Kata Kunci: Pembinaan Akhlak, Metode PembiasaanNIM: 12480025 Anna Khoirunisa