Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:49:22ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-02-28T08:59:10Z2017-02-28T08:59:10Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24298This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/242982017-02-28T08:59:10ZPENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVEEXPLAIN
(POE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
FISIKA SISWA SMA N 2 BANGUNTAPAN KELAS X
PADA MATERI LISTRIK DINAMISPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh strategi
pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap hasil belajar kognitif
siswa kelas X pada materi listrik dinamis, (2) Peningkatan hasil belajar ranah
kognitif siswa yang mengikuti strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain
(POE), (3) pengaruh strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE)
terhadap hasil belajar psikomotorik siswa kelas X pada materi listrik dinamis.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment)
dengan pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini
meliputi variabel bebas strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE)
serta variabel terikat hasil belajar fisika berupa hasil belajar ranah kognitif dan
ranah psikomotorik. Populasi dalam dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X SMA N 2 Banguntapan tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik acak kelas, sehingga ditetapkan kelas X2 sebagai kelas
eksperimen dan X4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah tes dan nontes. Bentuk instrumennya menggunakan soal pretestposttest
dan lembar observasi psikomotorik. Teknik analisa data yang digunakan
adalah statistik parametrik yaitu uji t dan Normalized Gain (N-Gain).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pembelajaran Predict-
Observe-Explain (POE) berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X
pada materi listrik dinamis (taraf signifikansi (sig. 2-tailed) = 0,000 < α = 0,05;
maka Ha diterima dan H0 ditolak), (2) Strategi pembelajaran Predict-Observe-
Explain (POE) mampu meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa pada
materi Listrik Dinamis (N-Gain kelas eksperimen = 0,36 (sedang) > N-Gain kelas
kontrol = 0,08 (rendah)), (3) Strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain
(POE) berpengaruh terhadap hasil belajar psikomotorik siswa kelas X pada materi
listrik dinamis (taraf signifikansi (sig. 2-tailed) = 0,023 < α = 0,05; maka Ha
diterima dan H0 ditolak).NIM. 12690025 Arista Budiarti