Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:32:43ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-10-15T01:16:09Z2015-10-15T01:16:09Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17677This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/176772015-10-15T01:16:09ZMANAJEMEN PEMBENTUKAN KARAKTER
MELALUI PROGRAM INTRA DAN EKSTRAKULIKULER
DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI JATINOM KLATENLatar belakang penelitian ini adalah pentingnya karakter yang harus dibangun
oleh suatu lembaga agar bertujuan untuk membentuk suatu bangsa yang tumbuh
dan berkembang sesuai nilai – nilai ajaran agama Islam. Dengan memanfaatkan
manajemen pendidikan pembangunan karakter di sekolah dapat terjadi secara
efektif dan efisien. Maka dalam membangun karakter di sekolah kunci utama yang
harus dilakukan adalah menggunakan manajemen yang efektif dan efisien.
Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan adalah kunci utama
dalam membangun pendidikan karakter di sekolah. Melalui fungsi – fungsi
manajemen tersebut maka sekolah dapat membuat program – program yang
berkaitan dengan pembentukan karakter di sekolah. Hal terpenting dalam
membentuk karakter adalah moral knowing, moral feeling, dan moral acting
ditambah dengan habituasi dan keteladanan serta tobat. Maka teciptalah sebuah
kegiatan di sekolah yaitu kegiatan Intra dan Ekstra kurikuler.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat
kualitatif. Sasarannya adalah seluruh pihak yang terlibat dalam proses pembentukan
karakter peserta didik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan studi kasus.
Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan
trianggulasi. Sedangkan analisisnya menggunakan analisis kualitatif (non statistik)
yang bersifat deskriptif, kritis, dan sistesis. Dalam hal ini peneliti akan mengungkap
tentang manajemen pembentukan karakter melalui program intra dan ekstra
kurikuler di MTs Negeri Jatinom Klaten.
Hasil penelitian bahwa manajemen pembentukan karakter dilakukan sesuai
dengan fungsi manajemen yang ada serta strategi – strategi pembentukan karakter.
Pertama, dalam perencanaan madrasah membuat sebuah renstra dan renop yaitu
perencanaan jangka pendek dan jangka panjang. Menentukan visi, misi dan tujuan
madrasah untuk menciptakan sebuah program – program dalam pengembangan
karakter peserta didik. Kedua, pengorganisasian dalam sebuah lembaga dengan
membentuk kepengurusan sekolah. Ketiga, pelaksanaan program – program yang
telah direncanakan baik dalam kegiatan intra maupun ekstra. Dalam pelaksanaan
program intra maupun ekstra kurikuler strategi – strategi pembentukan karakter
telah dilaksanakan yaitu dengan cara pembiasaan, memberikan pengetahuan –
pengetahuan dan motivasi terhadap peserta didik, memberikan kegiatan – kegiatan
yang dapat menumbuhkan minat dan bakat peserta didik, memberikan keteladanan
dan menciptakan lingkungan yang baik. Keempat, evaluasi kegiatan intra kurikuler
dilakukan dengan cara penilaian kelas yang berupa sejumlah pernyataan sikap
tentang sesuatu yang jawabannya dinyatakan secara berskala dan penilaian kelas
yang dilakukan oleh guru atau siswa dengan cara mengamati perilaku siswa. Dan
indikator tingkat keberhasilanya adalah seorang siswa mampu untuk menanamkan
nilai karakter dan mampu untuk melaksanakan dalam kehidupan sehari – hari.
Faktor penghambat dalam kegiatan adalah keterbatasan biaya, waktu, pengajar dan
lingkungan yang kurang kondusif. Motivasi siswa yang sangat semangat dapat
melaksanakan kegiatan – kegiatan yang efektif.NIM : 13.204.11.134 Atang Ghofar Mu’alim, S.Pd.I