Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T04:39:52ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-11-06T02:05:29Z2017-11-06T02:05:29Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28202This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/282022017-11-06T02:05:29ZMODEL KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM
MENINGKATKAN KINERJA PENDIDIK DAN TENAGA
KEPENDIDIKAN DI MTsN SAMPIT KALIMANTAN TENGAHKepala madrasah merupakan pemimpin yang menggerakkan
sekolah/madrasah dalam mencapai tujuannya. Kepala madrasah harus memiliki
model kepemimpinan yang efektif dan tepat, sehingga berjalannya suatu lembaga
pendidikan akan maksimal dan mampu mencetak peserta didik, pendidik dan
tenaga kependidikan yang berkualitas. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya
diperlukan dukungan semua warga sekolah dan semua pihak yang terkait
didalamnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, model kepala
madrasah guna meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di MTsN
Sampit. Kedua, implementasi kepala madrasah guna meningkatkan kinerja
pendidik dan tenaga kependidikan di MTsN Sampit. Ketiga, capaian kinerja
pendidik dan tenaga kependidikan di MTsN Sampit.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan
jenis penelitian deskriptif yang menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan
data dalam peenlitian ini menggunakan metode pengamatan (observasi),
wawancara (interview), dokumentasi, dengan penguji kredibilitas yaitu:
triangulasi teknik dan sumber. Analisis data pada penelitian ini menggunakan
narasi deskriptif kualitatif. Fokus kajian penelitian yaitu model kepemimpinan
kepala madarsah guna meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan di MTsN Sampit Kalimantan Tengah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, model
kepemimpinan kepala madrasah yaitu, kharismatik, administratif, dan
demonstrasi. Kedua, implementasi model kepala madrasah dalam meningkatkan
kinerja pendidik dan tenaga kependidikan yaitu sesuai dengan ilmu manajemen:
1) perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Ketiga, capaian
model kepemimpinaan kepala madarsah terbukti sangat berhasil dalam
meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan. Hal ini dapat dilihat dari
capaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan yang sangat baik serta tata
tertib, tugas-tugas dan aturan-aturan yang telah dibuat ditaati dan dilaksanakan.
Namun memang ada beberapa hal yang kurang yaitu tenaga kependidikan yang
belum maksimal melaksanakan tugasnya. Hal ini dikarenakan lantaran kesehatan.
Kata Kunci: Model Kepemimpinan, Kinerja Pendidik, Tenaga KependidikanNIM. 1520410021 Aulia Rohmana