Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:19:58ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-01-23T12:19:10Z2015-04-06T08:03:06Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6820This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68202013-01-23T12:19:10ZPENGEMBANGAN KREATIVITAS BERPIKIR ANAK USIA DINI DENGAN PERMAINAN BAHASA DI RA. DWP. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTAPengembangan Kreativitas Berpikir Anak
Usia Dini Dengan Permainan Bahasa Di RA. DWP. UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Pendidikan Guru Raudlatul Athfal (PGRA)
Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2011.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis
mengenai upaya pengembangan kreativitas berpikir pada anak usia dini dengan
permainan bahasa. Penelitian ini menjadi menarik dan penting karena metode
intervensi untuk pengembangan kreativitas berpikir pada anak menggunakan
permainan-permainan bahasa sebagai materinya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan psikologis. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data
dilakukan dengan metode kualitatif dan disajikan dengan metode deskriptif
analisis, sehingga dapat diketahui hasil akhir dari penelitian ini.
Seperti yang kita ketahui bahwa anak usia dini adalah makhluk yang
paling kreatif di dunia. Kreativitas yang dimiliki oleh anak kemudian terus
menurun seiring perkembangan usia dan banyaknya intervensi berbagai macam
hal terhadap anak. Dengan berlandaskan hal tersebut, para pakar anak usia dini
mengadakan penelitian tentang pengembangan-pengembangan kreativitas pada
anak usia dini yang di antaranya adalah pengembangan kreativitas dengan
permainan bahasa seperti yang kemudian diteliti kembali oleh peneliti dengan
diaplikasikan secara riil di lapangan.
Penelitian ini dilaksanakan dengan cara mengintervensi anak usia 4-6
tahun atau usia pra sekolah dengan beberapa permainan bahasa yang dimodifikasi
dan disesuaikan dengan tahapan perkembangan usia anak untuk mengetahui
tingkat keberhasian permainan bahasa untuk pengembangan kreativitas berpikir
anak.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada
perkembangan berpikir dan imajinasi anak setelah dilakukan intervensi
pembelajaran dengan beberapa permainan bahasa selama kurang lebih dua
minggu masa intervensi. Hal tersebut menunjukkan adanya korelasi antara bahasa
atau permainan bahasa dengan perkembangan imajinasi, kreativitas berpikir anak,
dan terhadap perkembangan kognisi serta intelegensi anak, sehingga anak bisa
lebih kreatif berpikir dan lebih bisa mengungkapkan ide atau pemikiran mereka.
Keberhasilan dalam penelitian ini mengidentifikasi bahwa dalam hal keilmuan
dan strategi belajar mengajar, metode ini dapat dijadikan acuan dalam
pembelajaran dengan tujuan untuk mengembangkan kreativitas berpikir pada
anak.NIM : 09.261.014 Aushafil Karimah