Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:09:02ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-07-10T08:49:33Z2017-02-14T07:49:16Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13544This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/135442014-07-10T08:49:33ZPENGARUH MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PGMI
FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PROFESIONALBAETY MUSTIKA SARI. Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi
PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Terhadap Kesiapan Menjadi Guru
Profesional. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN
Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang
signifikan antara motivasi belajar mahasiswa Prodi PGMI FITK UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta terhadap kesiapan menjadi guru professional.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi
mahasiswa PGMI angkatan 2010 berjumlah 66 mahasiswa. Sampel yang diteliti
sebanyak 30 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
purposive sampling quota dengan rincian 17 mahasiswa diambil dari kelas A dan
13 mahasiswa diambil dari kelas B. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi.
Pengujian instrumen meliputi uji validitas dan reliabilitas.
Hasil pengujian validitas menunjukkan 30 butir soal angket motivasi belajar
mahasiswa (X) dan 27 butir soal angket kesiapan menjadi guru profesional (Y)
terbukti valid, sedangkan hasil uji reliabilitas diketahui bahwa reliabilitas
instrumen motivasi belajar mahasiswa = 0,836 dan reliabilitas instrumen kesiapan
menjadi guru profesional = 0,864 dan nilai keduanya lebih besar daripada nilai
rtabel = 0,334 maka instrumen dinyatakan reliabel. Hasil pengujian prasyarat
analisis diketahui hasil uji normalitas pada angket motivasi belajar mahasiswa =
0,931 dan pada angket kesiapan menjadi guru profesional = 0,977 sehingga kedua
data dinyatakan berdistribusi normal, hasil uji linearitas = 0,313 sehingga data
dinyatakan linear. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear
sederhana. Hasil penelitian menunjukkan tingkat korelasi antara motivasi belajar
mahasiswa (X) dengan kesiapan menjadi guru profesional (Y) pada penelitian ini
dikategorikan erat dengan diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,724.
Persamaan garis regresinya adalah Y = 51,760 + 0,473 X. Sumbangan pengaruh
yang diberikan oleh motivasi belajar mahasiswa (X) terhadap kesiapan menjadi
guru profesional (Y) adalah sebesar 52,4 %. Dengan analisis lanjut uji F
regresi
diketahui F
hitung
= 30,797 sedangkan F
table
= 4,20 karena F
hitung
(30,797) > F
table
(4,20) dan dengan uji signifikansi diketahui nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka
Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan analisis uji t
regresi
diketahui t
hitung
= 5,549
sedangkan t
table
= 2,048 karena t
hitung
(5,549) > t
table
(2,048) dan dengan uji
signifikansi diketahui nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha
diterima. Artinya “ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar
mahasiswa Prodi PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terhadap kesiapan
menjadi guru professional.”NIM. 10481014 BAETY MUSTIKA SARI