Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:41:35ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-09-23T02:41:38Z2016-09-23T02:41:38Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22054This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/220542016-09-23T02:41:38ZDAMPAK POLA ASUH ORANG TUA
TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL
ANAK TUNAGRAHITA
DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTALatar belakang penelitian ini adalah salah satu anak berkebutuhan khusus yang
harus mendapatkan perhatian terutama dari orang tuanya adalah tungrahita, karena
banyak anak tunagrahita yang dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Orang tua
harus memberikan pengasuhan yang terbaik untuk menunjang perkembangan
sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bentuk pola asuh orang tua
terhadap perkembangan sosial anak tunagrahita dan juga dampak dari pola asuh
tersebut di SLB Negeri Pembina Yogyakarta
Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif
kualitatif yaitu hanya semata-mata melukiskan keadaan objek atau peristiwa
peristiwa tanpa suatu maksud mengambil kesimpulan-kesimpulan yang berlaku
secara umum. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan seperti dilingkungan
sekolah dan lingkungan tempat tinggal, dengan mengambi latar SLB Negeri Pembina
Yogyakarta. Adapun subyek utama adalah orang tua anak tunagrahita yang selama
ini mengasuh dan memberikan bimbingan. Kemudian teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa orang tua memberikan pengasuhan
yang baik kepada anaknya hal itu ditunjukkan dengan adanya rasa cinta, nyaman dan
perhatian yang diberikan dari orang tua terhadap sang anak. Masing-masing orang
tua mempunyai standar pengasuhan sesuai dengan pengalaman dan latar belakang
pendidikan yang dimiliki. Pola asuh yang diterapkan 3 keluarga berbeda-beda
diantara keluarga JA demokratis otoriter, keluarga AR demokratis, keluarga MA
permisif. Dari pola asuh tersebut masing masing anak mempunyai dampak
perkembangan sosial seperti FPA sedikit jail, rasa percaya diri yang tinggi, tidak
sadar dengan kekurangan dirinya, terkadang memaksakan keinginannya, kurang bisa
bergaul dengan temannya dengan segala keterbatasan kemampuannya. SCC
mempunyai dampak di sekolah yaitu percaya diri, paham betul akan kekurangannya
sendiri, mampu berkomunikasi dengan baik, saat sedang bermain dengan temannya
ia cenderung memilih melihat dari pada mengikuti temannya bermain. TPl
mempunyai dampak sangat aktif di kelas, seringkali memaksakan kehendak, mampu
berinteraksi dengan orang dibawah maupun diatas usianya.NIM. 10250070 BIDAYATUL MUNAWWAROH