Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:52:24ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/http://digilib.uin-suka.ac.id/24047/1.hassmallThumbnailVersion/Cover%20Guru%20Ideal.png2017-02-17T07:14:15Z2017-02-17T07:14:15Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24047This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/240472017-02-17T07:14:15ZGURU IDEAL
Perspektif Ilmu Pendidikan IslamBuku ini hadir dalam rangka memperlancar perkuliahan dan sekaligus memperkaya khasanah pengetahuan bagi para pendidik dan calon pendidik. Tujuan utama adalah agar para guru dan calon guru dapat memiliki dasar-dasar kependidikan Islam yang lengkap dalam usaha menjalankan tugasnya sebagai seorang guru.
Dalam buku ini banyak dimuat ide dan gagasan para tokoh kependidikan Islam tentang konsep guru ideal, dengan harapan dapat memberikan inspirasi kepada para guru dan calon guru untuk berusaha kearah menjadi guru ideal.Mangun Budiyanto2017-02-28T01:43:36Z2017-02-28T01:43:36Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24251This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/242512017-02-28T01:43:36ZPEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI PENDIDIKAN AGRICULTURE
DI PONDOK PESANTREN ISLAMIC STUDIES CENTER ASWAJA
LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTAAbstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui pembentukan karakter mandiri melalui pendidikan pertanian
(agriculture)di Pondok Pesantren Islamic Studies Center Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul
Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi kasus (case study). Pengumpulan
data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan
dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima prinsip pembentukan
karakter mandiri yang dikembangkan di Pondok Pesantren Islamic Studies Center Aswaja
Lintang Songo yang pada umumnya menggunakan pembelajaran berbasis komunitas yang berangkat
dari realitas alam dan kehidupan. Bentuk-bentuk karakter mandiri yang dikembangkan adalah disiplin
dan bersungguh-sungguh, kemandirian dan kerja keras, religius, kebersamaan, peduli, kasih
sayang, kesederhanaan, hormat, santun, tanggung jawab, jujur, dan ikhlas. Kesemuanya terbentuk
dalam program-program pendidikan dan praktik pertanian (agriculture) yang dilaksanakan di pondok
pesantren tersebut.
Kata Kunci: karakter, mandiri, pertanian, dan pesantren aswaja
SHAPING AUTONOMOUS CHARACTER THROUGH AGRICULTURAL EDUCATION
AT PONDOK PESANTREN ISLAMIC STUDIES CENTER ASWAJA LINTANG SONGO
PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA
Abstract: this research aims at describing the shaping of autonomous character through agricultural
education at Pondok Pesantren Islamic Studies Center Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul Yogyakarta.
This is a qualitative study in the form of a case study. Data collection was conducted through
observation, interview, and documentation. The data were analyzed using the interactive analysis
technique. The findings show that there are five principles of shaping the autonomous character developed
at Pondok Pesantren Islamic Studies Center Aswaja Lintang Songo which generally use community-
based learning rooted from the reality of nature and life. The forms of autonomous characters
developed are discipline, seriousness, autonomy and hard work, religiosity, togetherness, care, love,
modesty, respect, politeness, responsibility, honesty, and sincerity. All of these are shaped in the education
programs and agricultural practices carried out in the pondok pesantren.
Keywords: character, autonomous, agriculture, and pesantren aswajaMangun BudiyantoImam Machali