Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:03:05ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-06-18T01:39:15Z2015-10-12T07:38:40Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12871This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/128712014-06-18T01:39:15ZSTRATEGI PENINGKATAN MINAT BACA SISWA
DI PERPUSTAKAAN MTs NEGERI SEYEGAN SLEMAN
Latar Belakang Masalah
Keberadaan perpustakaan di suatu sekolah sangat penting. Ibarat
tubuh manusia, perpustakaan adalah organ jantung yang bertugas
memompa darah ke seluruh tubuh. Bahkan karena sangat pentingnya
keberadaan perpustakaan sekolah ini, pemerintah mencanangkan bulan
September sebagai bulan gemar membaca dan hari kunjung perpustakaan.
Perpustakaan sekolah merupakan tempat belajar non formal yang
dapat mencetak generasi unggulan sejak dini. Melalui perpustakaan
sekolah, siswa dapat melakukan kegiatan belajar mandiri dengan
membaca. Minat baca harus ditanamkan sungguh baik oleh sekolah
maupun pihak perpustakaan kepada siswa. Karena minat baca bukanlah
suatu bawaan diri, namun harus ditumbuhkan.
Minat kunjung siswa di Perpustakaan MTs Negeri Seyegan Sleman
sudah terbilang banyak, akan tetapi siswa yang berkunjung untuk
membaca atau meminjam buku belum tinggi jika dibandingkan dengan
banyaknya kurang lebih 500 siswa yang bersekolah di MTs Negeri
Seyegan Sleman. Jadi, banyaknya pengunjung perpustakaan belum tentu
mempengaruhi tingginya minat baca di perpustakaan tersebut. Padahal
membaca adalah salah satu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari
dunia pendidikan, baik tingkat dasar, menengah maupun tinggi.
Membaca adalah bentuk transformasi ilmu dengan cara melihat
dan memahami isi yang tertulis di dalam buku pelajaran maupun buku
lainnya. Banyak manfaat mambaca. Selain memperoleh hiburan, dengan
membaca seseorang terbuka cakrawala pandangan dan pemikirannya. Oleh
karena itu, buku disebut “jendela informasi dunia”. Membaca tidak hanya
mengubah sudut pandang atau mind set seseorang, tetapi juga bisa
mengubah hidup secara total. “Siswa hebat dan orang pintar merupakan
mereka yang gemar membaca, sehingga dari membaca mereka lebih
paham dengan sesuatu hal,” ujar Desri Kepala Dinas Pendidikan
Kabupaten Limapuluh (Pustakardok-Metro, 2012).
Kurangnya minat baca siswa di Perpustakaan MTs Negeri Seyegan
menarik penulis untuk mengambil judul “Strategi Peningkatan Minat Baca
Siswa Di Perpustakaan MTs Negeri Seyegan Sleman”. Fokus
perpustakaan MTs Negeri Seyegan Sleman saat ini adalah upaya untuk
meningkatkan minat baca siswa agar mereka hidup sebagai generasi
unggulan. Apabila minat baca siswa sudah tinggi, diharapkan membaca
akan menjadi budaya tidak hanya di perpustakaan namun juga di lembaga
induknya yaitu MTs Negeri Seyegan Sleman.
NIM. 11130072 CARVILLA ROSYIDHA