Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:24:15ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-07-10T02:26:29Z2014-07-10T02:26:29Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13541This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/135412014-07-10T02:26:29ZPEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN PENDEKATAN
CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS XI DI
MAN YOGYAKARTA III
CHANDRA WICAKSANA. Pembelajaran Aqidah Akhlak Dengan
Pendekatan Contextual Teaching And Learning Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah
Negeri Yogyakarta III. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang
penelitian ini adalah bahwa pembelajaran aqidah akhlak lebih mengedepankan
aspek afektif, baik nilai ketuhanan maupun kemanusiaan yang hendak ditanamkan
dan ditumbuh kembangkan kedalam peserta didik. Mayoritas dalam proses
pembelajaran aqidah akhlak di kelas hanya sebatas indoktinasi kepada peserta
didik tanpa memperhatikan aspek pemahaman. Dalam pembelajaran aqidah
akhlak, penguasaan guru akan materi dan pemahaman dalam memilih metode
yang tepat untuk materi tersebut akan sangat menentukan keberhasilan pencapaian
tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang saat ini dianggap tepat
dalam pembelajaran aqidah akhlak adalah melalui pendekatan kontekstual.
Yang menjadikan permasalahan penelitian ini adalah bagaimana
pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak dengan pendekatan Contextual Teaching
And Learning di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III dan saja faktor yang
mempengaruhi keberhasilan penggunaan pendekatan Contextual Teaching And
Learning pada pembelajaran aqidah akhlak kelas XI Madrasah Aliyah Negeri
Yogyakarta III. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara
kritis pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak dengan pendekatan Contextual
Teaching And Learning kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di
Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta III. Metode pengumpulan data dilakukan
dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah
dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan
data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan
menggunakan sumber ganda dan metode ganda.
Hasil penelitian menunjukan: (1) Pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak
Meliputi : Pertama, perencanaan. Perencanaan yang disusun oleh guru aqidah
akhlak berupa penyusunan RPP sudah sesuai dengan tujuan yang akan dicapai dan
mengedepankan proses pembelajaran yang membuat siswa berpartisipasi aktif dan
mandiri. Kedua, pelaksanaan. Pembelajaran aqidah akhlak sudah melaksanakan
komponen-komponen CTL yang meliputi tujuh komponen. Ketiga, evaluasi. Guru
aqidah akhlak menilai kemajuan siswanya dengan menggunakan komponen
penilaian sebenarnya (authentic assessment). (2) Pembelajaran aqidah akhlak
dengan pendekatan CTL dapat dikatakan berhasil jika dalam pelaksanaannya guru
menerapkan komponen-komponen CTL yang berlandaskan pada ketiga prinsip
CTL , yaitu prinsip kesaling-bergantungan, diferensiasi dan pengorganisasian diri.
Sedangkan bagi siswa, keberhasilan pembelajaran aqidah akhlak dengan
pendekatan CTL dapat dilihat dari keaktifan, kreatifitas dan kemandiri siswa
untuk mencapai standar tinggi yang telah ditentukan
NIM. 10411014 CHANDRA WICAKSANA