Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:10:11ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-04-28T07:42:41Z2016-04-28T07:42:41Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20534This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/205342016-04-28T07:42:41ZMODEL MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH TERINTEGRASI
PADA SEKOLAH DASAR NEGERI SINDUREJAN YOGYAKARTACHICHI ‘AISYATUD DA’WATIZ ZAHROH, NIM 1420411088.
Model Madrasah Diniyah Takmiliyah Terintegrasi pada Sekolah Dasar
NegeriSindurejan, Yogyakarta. Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN
Sunan Kalijaga, 2016.
Penelitian tentang ini dilatarbelakangi oleh permasalahan minimnya jam
pembelajaran PAI dengan materi yang banyak dan kurangnya perhatian
masyarakat dengan adanya pendidikan non formal seperti Madrasah Diniyah
Takmiliyah dan kurang optimalnya pendidikan keagamaan bagi siswa SD Negeri.
Dari latar belakang tersebut memberikan dorongan kepada penulis untuk
melakukan eksplorasi guna mengungkap pokok permasalahan mengenai
bagaimana pelaksanaan, capaian, faktor pendukung dan penghambatModel
Madrasah Diniyah TakmiliyahTerintegrasi pada Sekolah Dasar Negeri
Sindurejan, Yogyakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan, menjelaskan
capaian, dan memaparkan faktor pendukung dan faktor penghambatMadrasah
Diniyah TakmiliyahTerintegrasi pada Sekolah Dasar Negeri di SD Negeri
Sindurejan, Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field
research) dengan metode penelitian kualitatif. Teknik Penentuan Sampel Sumber
Data menggunakan teknik purposivesampling dan snowball sampling. Sumber data
adalahKepala Kemenag Kota Yogyakarta, Kepala Sekolah, guru PAI, pengelola
dan guru. Untuk mendapatkan data digunakan teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pendekatan naturalistik.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1). Pelaksanaannya
dilatarbelakangi oleh gagasan Kepala Kemenag Kota Yogyakarta, pengelola dari
KUA Wirobrajan dengan pendekatan integrasi-interkoneksi menggunaan metode
konvensional dan materi Akidah, Akhlak, Al-Qur’an, Tarikh Islam, hadits serta
fiqih. 2) Hasil capaian dilihat secara kognitif yaitu siswa sudah mempunyai
pengetahuan tentang ajaran Islam secara luas, afektif yaitu siswa sudah cinta dan
taat terhadap agama Islam, menghargai kebudayaan nasional, demokratis, cinta
ilmu pengetahuan, dan disiplin dan psikomotorik yaitu siswa sudah mengamalkan
ajaran Islam dengan pengamalan ibadah dan akhlak karimah, belajar dengan baik,
bekerjasama dengan orang lain, aktif dalam masyarakat dan mampu memecahkan
masalah. 3) Faktor pendorong yaitu kekuatan dan peluang. Faktor penghambat
yaitu kelemahan dan tantangan yang berasal dari dalam (Madrasah Diniyah
Takmiliyah dan lingkungan sekolah) dan luar (keluarga, lingkungan masyarakat
dan pemerintah).NIM. 1420411088 CHICHI ‘AISYATUD DA’WATIZ ZAHROH