Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T04:39:26ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-08-20T03:44:14Z2017-07-28T04:17:26Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9108This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/91082013-08-20T03:44:14ZPELAKSANAAN PEMBELAJARAN IBADAH SHALAT
MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN
SIMULASI DEMONSTRASI PADA PESERTA DIDIK KELAS
VII SMP MUHAMMADIYAH 1 MLATI SLEMAN
Latar belakang dari penelitian ini adalah tujuan dari proses pembelajaran
tidak akan tercapai disebabkan oleh beberapa faktor, pertama metode
pembelajaran yang dilakukan pendidik selalu monoton, kedua faktor kebosanan
pada peserta didik dalam mengikuti pelajaran agama Islam, baik itu faktor dari
peserta didik maupun pendidiknya sendiri. Maka seorang guru ditintut untuk lebih
pintar memilih metode yang cocok terkait dengan materi yang akan disampaikan.
Salah satunya menggunakan metode simulasi demonstrasi pada materi badah
shalat dikarenakan yang namanya shalat merupakan aplikatif dan tidak bisa hanya
diterangkan melalui lisan semata. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan pembelajaran
dengan menggunakan metode simulasi demonstrasi di SMP Muhammadiyah 1
Mlati. Bagaimana penggunaan metode simulasi demonstrasi, dan alasan
penggunaan metode simulasi demonstrasi terhadap pembelajaran ibadah shalat.
Penelitian ini merupakan penlitian kualitatif, dengan mengambil latar di
SMP Muhammadiyah 1 Mlati. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan
pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna
itulah ditarik sebuah kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan
cara membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, dan
meng-crosscheck-kan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan.
Hasil penelitian menunjukan : 1) Dalam penerapan metode simulasi
demonstrasi pada pembelajaran ibadah shalat dilakukan di dua tempat, yaitu di
dalam kelas dan di masjid sebagai tempat peraktek melakukan simulasi. Pertama
penyampaian materi yang berkaitan dengan bacaan-bacaan shalat disampaikan di
dalam kelas, penyajiannya pertama-tama guru mengawali membaca terlebih
dahulu kemudian siswa diminta untuk mengikuti. Kedua tentang praktik shalatnya
dilakukan di masjid, guru terlebih dahulu mendemonstrasikan ibadah shalat
sampai selesai kemudian baru siswa melakukan simulasi seperti apa yang telah
didemonstrasikan oleh guru sebelumnya. 2) Banyaknya metode-metode yang
ditawarkan oleh buku-buku tentang strategi pembelajaran sebagai wahana untuk
melaksanakan proses pembelajaran di dalam kelas, akan tetapi kebanyakan dari
metode-metode tersebut lebih condong kepada penanaman kognisi semata. Maka
ketika berkaitan dengan pelajaran yang bersifat aplikatif salah satunya yaitu
tentang materi ibadah shalat penggunaan motode simulasi demonstrasi lebih
cocok diterapkan, yang notabene ibadah shalat merupakan tindakan yang nyata
dan perlu diperaktekkan secara langsung. Dengan penggunaan metode simulasi
demonstrasi tersebut siswa dapat mengetahui betul tentang tata cara shalat dengan
benar seperti apa yang telah didemonstrasikan oleh guru, serta siswa juga
mendapat pengalaman setelah melakukan simulasi yang mereka lakukan.
NIM. 07410243 CHOIRUL HUDA