Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:35:49ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-12-30T07:37:22Z2016-12-30T07:37:22Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23295This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/232952016-12-30T07:37:22ZANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LAYANAN JASA TRANSPORTASI PO. EKA MIRAKepuasan para pelanggan dalam hal ini adalah para masyarakat pengguna jasa
transportasi darat menjadai sangat penting dan mutlak perlu dipertahankan
karena berbagai alasan yang sangat mendasar. Pelanggan yang puas akan
menjadi juru bicara yang efektif bagi sebuah perusahaan. Dalam penelitian ini
menggunakan 6 variabel yang terdiri faktor kepuasan bukti fisik, faktor kepuasan
keandalan, faktor kepuasan ketanggapan, faktor kepuasan keterjaminan dan
faktor kepuasan empati sebagai variabel independent dan loyalitas konsumen
sebagai variabel dependent. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan
yang menggunakan jasa transportasi PO. Eka Mira sebanyak 75 responden.
Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis
yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini
variabel independent mempunyai pengaruh yang positif terhadap loyalitas
konsumen, tetapi tidak semua variabel independent signifikan. Hal ini ditunjukkan
pada hasil penelitian persamaan regresi Y = 36,527 + 0,128X1 + 0,832X2 +
0,661X3 + 0,174X4 + 0,402X5. Variabel faktor kepuasan bukti fisik, faktor
kepuasan keterjaminan dan faktor kepuasan empati berpengaruh positif tapi tidak
signifikan dengan α = 0,05 terhadap loyalitas konsumen yang ditunjukkan dengan
nilai sig untuk masing-masing variabel adalah 0,722, 0,587, dan 0,327 0,05.
Variabel faktor kepuasan keandalan dan faktor kepuasan ketanggapan
berpengaruh positif dan signifikan dengan α = 0,05 terhadap loyalitas konsumen
yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,024, 0,030 0,05. Hasil uji F, menunjukkan
secara serentak dari variabel independent faktor kepuasan bukti fisik, faktor
kepuasan keandalan, faktor kepuasan ketanggapan, faktor kepuasan keterjaminan
dan faktor kepuasan empati mempunyai pengaruh secara signifikan dengan α =
0,05 yang ditunjukkan oleh nilai sig F sebesar 0,038 0,05.NIM. 09660015 CHURNIA RAMADHANI2016-12-28T07:46:01Z2016-12-28T07:46:01Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23297This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/232972016-12-28T07:46:01ZANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LAYANAN JASA TRANSPORTASI PO. EKA MIRAKepuasan para pelanggan dalam hal ini adalah para masyarakat pengguna jasa
transportasi darat menjadai sangat penting dan mutlak perlu dipertahankan
karena berbagai alasan yang sangat mendasar. Pelanggan yang puas akan
menjadi juru bicara yang efektif bagi sebuah perusahaan. Dalam penelitian ini
menggunakan 6 variabel yang terdiri faktor kepuasan bukti fisik, faktor kepuasan
keandalan, faktor kepuasan ketanggapan, faktor kepuasan keterjaminan dan
faktor kepuasan empati sebagai variabel independent dan loyalitas konsumen
sebagai variabel dependent. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan
yang menggunakan jasa transportasi PO. Eka Mira sebanyak 75 responden.
Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis
yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini
variabel independent mempunyai pengaruh yang positif terhadap loyalitas
konsumen, tetapi tidak semua variabel independent signifikan. Hal ini ditunjukkan
pada hasil penelitian persamaan regresi Y = 36,527 + 0,128X1 + 0,832X2 +
0,661X3 + 0,174X4 + 0,402X5. Variabel faktor kepuasan bukti fisik, faktor
kepuasan keterjaminan dan faktor kepuasan empati berpengaruh positif tapi tidak
signifikan dengan α = 0,05 terhadap loyalitas konsumen yang ditunjukkan dengan
nilai sig untuk masing-masing variabel adalah 0,722, 0,587, dan 0,327 0,05.
Variabel faktor kepuasan keandalan dan faktor kepuasan ketanggapan
berpengaruh positif dan signifikan dengan α = 0,05 terhadap loyalitas konsumen
yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,024, 0,030 0,05. Hasil uji F, menunjukkan
secara serentak dari variabel independent faktor kepuasan bukti fisik, faktor
kepuasan keandalan, faktor kepuasan ketanggapan, faktor kepuasan keterjaminan
dan faktor kepuasan empati mempunyai pengaruh secara signifikan dengan α =
0,05 yang ditunjukkan oleh nilai sig F sebesar 0,038 0,05.NIM. 09660015 CHURNIA RAMADHANI