Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:06:10ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-04-15T01:33:53Z2015-04-15T01:33:53Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15740This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/157402015-04-15T01:33:53ZMANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN KADER DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAPerkaderan yang dijalankan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah
Yogyakarta diorientasikan untuk melahirkan kelompok manusia terbaik atau pilihan
yang nantinya menjadi kekuatan inti atau tulang punggung dari persyarikatan
Muhammadiyah. Output dari proses kaderisasi adalah para kader yang punya
integritas, berdedikasi tinggi, cakap, handal, dan kalau perlu militan untuk
mewujudkan misi persyarikatan Muhammadiyah sekaligus menjaga kontinuitas roda
organisasinya. Kader sangat ditunggu kiprahnya karena mereka telah melalui
pendidikan dan latihan tertentu. Dengan demikian, seorang kader mempunyai tugas
pokok untuk mengembangkan organisasi dan sekaligus menghindarkan ideologi dari
kemungkinan distorsi. Karena itu, di samping kader harus aktif secara fisik, dia harus
terus-menerus mempelajari rumusan ideologi tersebut dalam kaitannya dengan tugas
di organisasi beserta ilmu-ilmu pendukungnya.
Dalam pembahasan yang dikaji secara kualitatif ini, peneliti menggunakan
pendekatan kualitatif yang berdasarkan pada filsafat fenomenologi dengan
mengutamakan penghayatan (verstehen). Metode kualitatif berusaha memahami dan
menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku manusia dalam situasi
tertentu menurut perspektif peneliti. Pendekatan ini diarahkan pada latar dan individu
tersebut secara holistik (utuh). Jadi, dalam hal ini tidak mengisolasikan individu atau
organisasi ke dalam variable atau hipotesis, tetapi perlu memandangnya sebagai
bagian dari suatu keutuhan. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk memperoleh
pemahaman yang otentik mengenai pengalaman informan, sebagaimana yang
dirasakan oleh informan yang bersangkutan di Madrasah Mu’allimin
Muhammadiyah Yogyakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap manajemen pengembangan
kurikulum pendidikan kader di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.
Adapun hasil penelitian ini adalah, bahwa kaderisasi di Madrasah Mu’allimin
Muhammadiyah Yogyakarta terdiri dari tiga cara: melalui pendidikan, melalui
aktifitas organisasi, dan melalui jaringan. Selain itu, kaderisasi di Madrasah
Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta sebagai suatu siklus yang berputar terus
dengan gradasi yang meningkat dapat dibedakan menjadi tiga langkah utama.
Pertama, pendidikan kader, yakni penanaman pengetahuan, ketrampilan, dan sikap
kepada para siswa sesuai kebutuhannya. Kedua, penugasan kader, yakni pemberian
kesempatan kepada para siswa untuk melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan
organisasi sebagai latihan pematangan dan pendewasaan. Ketiga, pengarahan karir
kader, yakni pemberian tanggung jawab lebih besar kepada para siswa dalam
berbagai aspek perjuangan sesuai dengan potensi dan kemampuannya.
Kata kunci: Rekrutmen Kader, Proses Perkaderan, Pengorbitan Kader.NIM 1120410024 CHUSNUL AZHAR, S. PD. I