Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:06:38ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2019-12-05T03:37:20Z2019-12-05T03:37:20Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36831This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/368312019-12-05T03:37:20ZKOMODIFIKASI AGAMA ISLAM DALAM IKLAN SAFI YOUTUBEPenelitian ini dilatar belakangi dengan adanya unsur-unsur agama Islam di
dalam iklan Safi skincare untuk menarik perhatian orang-orang muslim di Indonesia.
Disinilah unsur-unsur agama menjadi nilai tukar yang tidak terlepas dari peranan
media. Suksesnya produk Safi skincare di negara yang mayoritas beragam Islam
seperti Malaysia, menjadikan Indonesia sebagai target pasar yang selanjutnya
dikarenakan mayoritas warga negara Indonesia yang juga beraga islam.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis yang digunakan adalah
semiotika model Charles Sanders Pierce. Iklan Safi skincare dalam youtube menjadi
data utama yang digunakan serta data pendukung yang digunakan adalah data-data
yang diperoleh dari internet yang relevan. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode dokumentasi yang diperloeh dari video iklan Safi skincare.
Setelah dilakukan analisis, dapat diambil kesimpulan dari penelitian ini yang
muncul pada iklan Safi skincare yaitu komodifikasi konten yang terlihat dari tandatanda
penggambaran cerita iklan Safi skincare. Penggunaan unsur-unsur agama dalam
iklan ini sangat kuat ketika beberapa ucapan serta adegan memunculkan visualisasi
yang menyerupai realitas kehidupan masyarakat. Bentuk-bentuk komodifikasi dalam
iklan Safi skincare diantaranya Brand Ambassador, bahasa yang dugunakan, jilbab
sebagai identitas agama islam, label halal yang digunakan berulang kali dan komposisi
yang digunakan merupakan herbal termasyhur dijaman kejayaan Islam. Adanya unsurunsur
agama Islam di dalam iklan tersebut hanyalah sebagai konsep yang bertujuan
untuk menarik pasar muslim di Indonesia yang mengakitbatkan adanya pergeseran
nilai agama yang semula merupakan suatu kepercayaan yang sacral menjadi nilai jual
atau komersil.NIM. 15210090 Carissa Aulia Rahma