Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T02:05:18ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-10-13T00:38:37Z2015-10-13T00:38:37Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17569This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/175692015-10-13T00:38:37ZPENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT
DAN HASIL BELAJAR SISWA MI/ SD DI GUNUNGKIDULPenelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prosedur pengembangan media
permainan IPA untuk kelas IV MI/ SD, 2) mengetahui kualitas atau kelayakan
media permainan IPA untuk siswa MI/SD berdasarkan ahli media dan ahli materi,
serta 3) mengetahui hasil pengembangan media permainan IPA dalam
meningkatkan minat serta hasil belajar bagi siswa kelas IV MI Muhammadiyah
Jalakan dan SD Muhammadiyah Bogor di Gunungkidul.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur
pengembangan meliputi potensi dan masalah, perencanaan, menyusun draf
produk, validasi desain, revisi desain, uji coba lapangan terbatas, revisi hasil uji
coba lapangan terbatas, uji coba lapangan luas, revisi produk akhir.
Dalam pelaksanaan uji coba lapangan terbatas yang menjadi subyeknya
adalah 9 siswa kelas IV MI Muhammadiyah Jalakan. Setelah itu, produk
dilakukan revisi II maka uji coba lapangan luas melibatkan 25 siswa SD
Muhammadiyah Bogor. Semua subyek tersebut diminta untuk mengisi angket dan
soal pembelajaran IPA. Data yang dihasilkan kemudian dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil dari penelitiana dalah: 1) Media permainan yang dimaksud dalam
penelitian adalah permainan Petir Pelangi dan Monopoli IPA yaitu bentuk
permainan yang di dalamnya terdapat materi-materi IPA khususnya pada Bab
Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit untuk kelas IV yang dibuat
dengan menggunakan program Paint, serta dilengkapi dengan alat pendukungl
ainnya. 2) Hasil validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa
permainan Petir Pelangi dan Monopoli IPA layak atau baik digunakan sebagai
media media pembelajaran. Hal ini didasarkan pada hasil skor penilaian
permainan Petir Pelangi dan Monopoli IPA berturut-turut mencapai rata-rata 4,3
dalam kategori sangatbaik, dan 4,08 dalam kategori baik. 3) Pada uji coba
lapangan terbatas dan uji coba lapangan luas media permainan petir pelangi dan
monopoli IPA hanya dapat meningkatkan minat belajar berturut-turut sebesar 6,55
dengan gain standar 0,41 pada kategori sedang dan 4, 64 dengan gain standar 0,27
pada kategori rendah. Sedangkan untuk rata-rata hasil belajar siswa pada uji
lapangan terbatas dan uji lapangan luas kedua media permainan tersebut dapat
meningkatkan berturut-turut sebesar 12,77 dengan gain standar 0,31 pada kategori
sedang dan 13,4 dengan gain standar sebesar 0,33 pada kategori sedang.
Kata kunci: media permainan IPA, minat belajar, hasil belajar.NIM: 1320421041 DALUTI DELIMANUGARI