Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:01:32ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-10-02T06:25:49Z2015-10-02T06:25:49Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17493This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/174932015-10-02T06:25:49ZPEMBELAJARAN KEMAHIRAN MEMBACA
DI SMP ISLAM TERPADU (SMP IT) ABU BAKAR
YOGYAKARTA 2014/ 2015
(PRESPEKTIF TEORI KONSTRUKTIVISME SOSIAL VYGOTSKY)DANIN BILLAH, Pembelajaran Kemahiran Membaca Di SMP Islam
Terpadu (SMP IT) Abu Bakar Yogyakarta 2014/2015 (Prespektif Teori
Konstruktivisme Sosial Vygotsky). TESIS. PascaSarjana, Universitas Islam Negeri
Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2015. Tema ini penulis pilih karena kebutuhan pendidikan
yang berorientasi pada pembelajaran bahasa khusunya yang fokus pada keterampilan
bahasa.
Membaca sebagai salah satu keterampilan bahasa Arab dijadikan tujuan
utama dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta tentu ada
beberapa alasan yang melatarbelakanginya. Sehingga tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan alasan kemahiran membaca dijadikan tujuan utama dalam
pembelajaran bahasa Arab disana, yang kemudian dilihat dari prespektif
konstruktivisme sosial Vygotsky di mana peran aktif siswa dan interaksi dengan
lingkungan lebih diutamakan dalam proses pembelajaran di kelas.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) berupa
penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan desain penelitian
studi kasus pada proses pembelajaran bahasa Arab kelas VII dan VIII di SMP IT Abu
Bakar Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara,
observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data
kemudian disimpulkan sebagai hasil dari penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukan tiga alasan kemahiran membaca menjadi tujuan
utama pada pembelajaran bahasa Arab di sana. Pertama, yaitu faktor orientasi
religious, dalam hal ini kemahiran membaca untuk tujuan memahami dan mempelajari
sumber ajaran Islam yaitu al-Quran dan al-ḥadiṡ , dan juga untuk bacaan dalam praktek
ibadah dalam keseharian. Kedua, orientasi akademik, berdasarkan asumsi bahwa
keterampilan membaca dapat menunjang dan menjadi fakor pendukung kemampuan
akademik siswa dalam memahami materi yang ada kaitanyan dengan teks berbahasa
Arab. Siswa yang pandai membaca teks Arab relatif mudah memahami pelajaran,
bahkan di program tahfidz siswa relatif bisa lebih mudah menghafal al-Quran jika
paham apa yang dibacanya. Ketiga, lebih ke faktor teknis karena ketersediaan waktu
dan pengajar sehingga memungkinkan lebih efektif fokus pada salah satu
keterampilan, dan juga karena ada dua program yang berbeda antara boarding dan
fullday. Sedangkan pembelajaran kemahiran membaca dalam prespektif
konstruktivisme sosial Vygotsky ada beberapa yang sesuai di antaranya di kelas VII
guru menggunakan model assisted learning, diawali dengan bimbingan/ batuan
(scaffolding) berupa pemberian kosakata melalui media powerpiont. Pada proses inti
pembelajaran guru menggunakan strategi kooperatif yang melibatkan peran aktif
siswa, strategi kooperatif ini yang tidak lain adalah bagian dari teori konstruktivisme
yang mencakup aspek interaksi sosial dan pemagangan kognitif antar siswa ketika
belajar dalam kelompok belajar. Sedang pada kelas VIII guru menggunakan model
discoveri learning dengan strategi diskusi siswa bisa belajar dari teman yang lain
(pemagangan kognitif) untuk memahami teks bacaan. Adapun teknik yang digunakan
guru kelas VIII dalam pembelajaran kosakata dengan menggunakan teknik modeling
dengan meperagakan kata yang dimaksud.NIM. 1320410075 DANIN BILLAH