Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T00:23:53ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-07-31T10:29:11Z2016-01-25T04:33:51Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9064This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/90642013-07-31T10:29:11ZEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT
INTERACTION (ATI) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN
KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK
(PENELITIAN KUASI EKSPERIMEN TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS VIII
SMP NEGERI 1 SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2012/2013)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) model pembelajaran
aptitude treatment interaction (ATI) lebih efektif daripada pembelajaran konvensional
terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik, (2) kelompok
kemampuan (tinggi, sedang, dan atau rendah) yang menggunakan model pembelajaran
aptitude treatment interaction (ATI) lebih baik daripada kelompok kemampuan
(tinggi, sedang, dan atau rendah) yang menggunakan pembelajaran konvensional
terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik, (3) model
pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI) lebih efektif daripada pembelajaran
konvensional terhadap peningkatan motivasi belajar matematika peserta didik, dan (4)
kelompok kemampuan (tinggi, sedang, dan atau rendah) yang menggunakan model
pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI) lebih baik daripada kelompok
kemampuan (tinggi, sedang, dan atau rendah) yang menggunakan pembelajaran
konvensional terhadap peningkatan motivasi belajar matematika peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain
nonequivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model
pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI) dan pembelajaran konvensional,
sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep matematika dan motivasi
belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Srandakan tahun ajaran 2012/2013. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan
dengan cara purposive sampling, sehingga diperoleh sampel kelas VIIIB sebagai kelas
kontrol dan kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data dalam
penelitian ini dengan statistik inferensial untuk data pre-test, post-test, angket awal,
angket akhir, normal gain tes, dan normal gain angket serta analisis deskriptif untuk
lembar observasi dan jurnal harian peserta didik. Pengujian dilakukan dengan bantuan
software SPSS 16.00 dan Microsoft Excel 2010.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) secara keseluruhan rata-rata
normal gain tes pemahaman konsep matematika peserta didik kelas eksperimen lebih
tinggi daripada peserta didik kelas kontrol, (2) kelompok kemampuan yang memiliki
peningkatan pemahaman konsep paling baik dibandingkan kelompok kemampuan
lainnya adalah kelompok kemampuan tinggi kelas eksperimen, (3) secara keseluruhan
rata-rata normal gain angket motivasi belajar matematika peserta didik kelas
eksperimen lebih tinggi daripada peserta didik kelas kontrol, dan (4) kelompok
kemampuan yang memiliki peningkatan motivasi belajar paling baik dibandingkan
kelompok kemampuan lainnya adalah kelompok kemampuan tinggi dan rendah kelas
eksperimen.
Kata kunci: Aptitude Treatment Interaction (ATI), Pemahaman Konsep, Motivasi
Belajar
NIM. 07600046 DANI PUJI ASTUTI