Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:07:22ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-03-07T01:44:58Z2014-03-07T01:44:58Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9957This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/99572014-03-07T01:44:58ZKONSEP KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (MENURUT NURCHOLIS MADJID)DARA SUDIRAHARJA’. Konsep Kurikulum Pendidikan Islam
Nurcholis Madjid. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Konsep
Kurikulum Pendidikan Islam menurut Nurcholis Madjid. Berawal dari
pentingnya kurikulum pendidikan Islam, pengertian pendidikan dalam
Islam, ciri-ciri kurikulum pendidikan Islam, prinsip-prinsip yang menjadi
dasar kurikulum pendidikan Islam, dasar-dasar umum yang menjadi
landasan kurikulum pendidikan Islam, yujuan-tujuan yang ingin dicapai
oleh kurikulum pendidikan Islam, dan pembagia-pembagian yang mungkin
bagi kurikulum pendidikan Islam
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitaian literer atau penelitian
kepustakaan (library research) yang sifat penelitiannya kualitatif.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis
dan pendekatan kurikulum pendidikan Islam. Sedangkan metode yang
digunakan yaitu dekumenter dengan mencari, mengumpulkan data dan
menganalisis sumber-sumber tertulis yang terdapat dalam buku, jurnal,
webset, dan lainnya, terutama dari sumber data primer yaitu (1)
“Ensiklopedi Nurcholis Madjid” karya Nurcholis Madjid, (2) “Masyarakat
Religius” karya Nurcholis Madjid, (3) “Pintu-pintu menuju Tuhan”, karya
Nurcholis Madjid, “Islam Doktrin dan Peradaban”, karya Nurcholis
Madjid. Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan analisis isi (content
analysis). Konsep kurikulum pendidikan Islam Nurcholis Madjid
merupakan konsep dasar dalam penyusunan kurikulum pendidikan Islam
Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa konsep kurikulum
pendidikan Islam yang disusun harus memiliki ciri-ciri, prinsip, dasar-dasar,
tujuan-tujuan yang ingin dicapai dalam pendidikan Islam, serta pembagianpembagian
yang mungkin bagi kurikulum pendidikan Islam. Tujuan utama
konsep kurikulum pendidikan Islam yaitu untuk mengembangkan bakat peserta didik, dengan sikap yang Islami dan menonjolkan Akhlak mulia sesuai dengan ajaran IslamNIM. 074102261 DARA SUDIRAHARJA