Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:58:59ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-03-11T02:46:03Z2016-03-11T02:46:03Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19744This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/197442016-03-11T02:46:03ZPENGEMBANGAN MEDIA “DITAQU” BERBASIS ANDROID
UNTUK PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA
DI TPA LB A YAKETUNIS YOGYAKARTADEA ANGGA WISESA. Pengembangan Media “Ditaqu” Berbasis
Android untuk Peserta Didik Difabel Netra di TPA LB A Yaketunis Yogyakarta.
Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah
dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang masalah
penelitian ini adalah media sebagai sumber belajar difabel netra masih sangat
jarang dijumpai. Keterbatasan media pembelajaran ini seperti memunculkan
diskriminasi pada difabel netra. Peserta didik difabel netra membutuhkan media
yang efektif, efisien, fleksibel dan menarik untuk belajar. Salah satu media
pembelajaran yang dapat dikembangkan adalah aplikasi pembelajaran berbasis
Android karena aplikasi Android dapat memadukan media audio dan sentuhan.
Android memiliki banyak keunggulan salah satunya adalah mudah untuk di
operasikan termasuk bagi difabel netra karena Google sebagai pihak utama
pengembang telah menciptakan fasilitas aksestabilitas bagi difabel netra. TPA LB
A Yaketunis adalah satu-satunya TPA difabel netra di Indonesia yang terdaftar di
Badan Koordinator (Badko) TPA Provinsi. Melalui bimbingan dari Badko TPA
Yogyakarta, TPA LB A Yaketunis menjadi satu-satunya TPA yang memiliki
standar pengelolaan TPA yang baik bagi difabel. Penelitian ini bertujuan
mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis Android sebagai bahan
belajar difabel netra.
Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian dan pengembangan
(Research and Development), dengan mengambil latar TPA LB A Yaketunis
Yogyakarta. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan
Borg dan Gall. Tahap pengembangan tersebut adalah identifikasi masalah,
pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, dan perbaikan desain.
Media ditaqu berbasis Android ditinjau oleh ahli materi dan ahli media. Hasil
penilaian berupa data kuantitatif kemudian dianalisis serta dikonversi
menggunakan kriteria penilaian ideal untuk menentukan kualitas media.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kendala yang dihadapi peserta didik
difabel netra dalam pembelajaran Al-Qur’an adalah tidak tersedianya media
pembelajaran yang praktis dan lengkap sebagai sumber belajar mandiri. 2) Media
pembelajaran berbasis Android dapat dikembangkan untuk pembelajaran peserta
didik difabel netra dengan memanfaatkan fitur aksestabilitas Talkback. 3)
Berdasarkan penelitian, media “Ditaqu” berbasis Android memiliki kualitas
Sangat Baik (SB) dari para reviewer (ahli media dan ahli materi) yakni mencapai
skor persentase 90,8%. Skor tersebut merupakan rata-rata dari penilaian ahli
media dengan skor 96,5% dan dua ahli materi dengan skor 85%, sehingga media
“Ditaqu” bisa digunakan sebagai sumber belajar mandiri peserta didik difabel
netra.NIM. 11410047 DEA ANGGA WISESA