Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:59:04ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2020-06-17T06:46:50Z2020-06-17T06:47:01Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37890This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/378902020-06-17T06:46:50ZPENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER KARAWITAN
DI SMK NEGERI 2 WONOSARI GUNUNGKIDULLatar belakang penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Wonosari Gunungkidul merupakan SMK Rujukan di daerah Kabupaten Gunungkidul yang memiliki 30 program ekstrakurikuler dan program ekstrakurikuler karawitan menjadi program yang diunggulkan. Karawitan merupakan aset budaya daerah yang harus terus dilestarikan. Program ekstrakurikuler yang rutin diadakan oleh pihak sekolah ini diharapkan dapat melatih siswa agar senantiasa nguri-uri budaya Jawa khususnya karawitan. Karawitan di dalamnya mengandung nilai-nilai Pendidikan Agama Islam sehingga dapat digunakan sebagai strategi penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan program ekstrakurikuler karawitan, mendeskripsikan penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui program ekstrakurikuler karawitan, dan mendeskripsikan hasil yang dicapai dalam penanaman nilai-nilai Agama Islam melalui program ekstrakurikuler karawitan.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat diskripif kualitatif, pengumpulan data dengan obaservasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling.Sedangkan untuk pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan program ekstrakurikuler karawitan di SMK Negeri 2 Wonosari ini diikuti oleh siswa kelas X dan dilaksanakan secara rutin satu minggu sekali. Pembelajaran dilakukan baik secara teori maupun praktik. Dalam pelaksanaan program ekstrakurikuler karawitan terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. (2) Proses penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui program ekstrakurikuler karawitan di SMK Negeri 2 Wonosari dilakukan melalui gamelan yang digunakan dalam ekstrakurikuler karawitan sehingga dapat membentuk karakter siswa, dengan demikian dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Selain melalui gamelan, lagu yang digunakan mengandung aspek akidah, ibadah, dan akhlak. (3) Hasil dari penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui program ekstrakurikuler karawitan dari aspek akidah dan ibadah siswa masih perlu pembiasaan dan bimbingan baik dari guru maupun orangtua agar dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan kesadaran sendiri. Akan tetapi, mengenai sikap siswa baik terhadap guru maupun teman sudah diterapkan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari dengan cara menghormati dan saling membantu.
Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Ekstrakurikuler karawitanNIM.15410055 DEBBY NUR SAFITRI2020-06-15T06:34:48Z2020-06-15T06:35:14Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37888This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/378882020-06-15T06:34:48ZPENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER KARAWITAN
DI SMK NEGERI 2 WONOSARI GUNUNGKIDUL
SKRIPSI
Diajukan kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh Gelar
Sarjana Strata Satu Pendidikan
Disusun Oleh:
DEBBY NUR SAFITRI
NIM.15410055
PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2019Latar belakang penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Wonosari Gunungkidul merupakan SMK Rujukan di daerah Kabupaten Gunungkidul yang memiliki 30 program ekstrakurikuler dan program ekstrakurikuler karawitan menjadi program yang diunggulkan. Karawitan merupakan aset budaya daerah yang harus terus dilestarikan. Program ekstrakurikuler yang rutin diadakan oleh pihak sekolah ini diharapkan dapat melatih siswa agar senantiasa nguri-uri budaya Jawa khususnya karawitan. Karawitan di dalamnya mengandung nilai-nilai Pendidikan Agama Islam sehingga dapat digunakan sebagai strategi penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan program ekstrakurikuler karawitan, mendeskripsikan penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui program ekstrakurikuler karawitan, dan mendeskripsikan hasil yang dicapai dalam penanaman nilai-nilai Agama Islam melalui program ekstrakurikuler karawitan.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat diskripif kualitatif, pengumpulan data dengan obaservasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling.Sedangkan untuk pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan program ekstrakurikuler karawitan di SMK Negeri 2 Wonosari ini diikuti oleh siswa kelas X dan dilaksanakan secara rutin satu minggu sekali. Pembelajaran dilakukan baik secara teori maupun praktik. Dalam pelaksanaan program ekstrakurikuler karawitan terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. (2) Proses penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui program ekstrakurikuler karawitan di SMK Negeri 2 Wonosari dilakukan melalui gamelan yang digunakan dalam ekstrakurikuler karawitan sehingga dapat membentuk karakter siswa, dengan demikian dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Selain melalui gamelan, lagu yang digunakan mengandung aspek akidah, ibadah, dan akhlak. (3) Hasil dari penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui program ekstrakurikuler karawitan dari aspek akidah dan ibadah siswa masih perlu pembiasaan dan bimbingan baik dari guru maupun orangtua agar dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan kesadaran sendiri. Akan tetapi, mengenai sikap siswa baik terhadap guru maupun teman sudah diterapkan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari dengan cara menghormati dan saling membantu.
Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Ekstrakurikuler karawitanNIM.15410055 DEBBY NUR SAFITRI