Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:23:47ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-04-27T07:42:00Z2016-04-27T07:42:00Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20508This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/205082016-04-27T07:42:00ZPERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI
KESULITAN BELAJAR SISWA DI MAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN
YOGYAKARTALatar belakang penyusunan penelitian ini adalah banyak siswa yang sangat
sulit sekali menerima mata pelajaran, baik pelajaran membaca, menulis serta
berhitung. Sedangkan penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X yang
mengalami kesulitan dalam belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentukbentuk
peran yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi
kesulitan belajar siswa di kelas X pada tahun ajaran 2015/2016 di MAN
Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dilaksanakan di
MAN Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dengan
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian
ini adalah Siswa Kelas X dan Guru Bimbingan dan Konseling. Sedangkan obyek
penelitian adalah peran guru Bimbingan dan Konseling. Analisis data
menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat bentuk-bentuk peran guru
bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa sebagai berikut.
Pertama, sebagai fasilitator yaitu memberikan kemudahan fasilitas kepada siswa
dengan sarana dan prasarana BK dalam mengarahkan, mendidik, menjelaskan
dengan menjadi pendengar aktif siswa. Kedua, sebagai motivator yaitu
memberikan pengarahan dalam memotivasi semangat belajar kepada siswa.
Ketiga, sebagai mediator yaitu memberikan layanan dalam mengadakan mediasi
dan kerjasama antara siswa dengan guru mata pelajaran.NIM. 12220053 DEDE NURAENI