Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:30:19ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-10-21T02:51:37Z2015-10-21T02:51:37Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17938This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/179382015-10-21T02:51:37ZPENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI
MATEMATIS SISWA SMP MELALUI STRATEGI REACT (RELATING,
EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada atau tidaknya
interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap
peningkatan kemampuan literasi matematika siswa; (2) peningkatan kemampuan
literasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Strategi REACT
dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) ada atau
tidaknya interaksi antara pembelajaran dan KAM terhadap peningkatan disposisi
matematis siswa; dan (4) peningkatan disposisi matematis siswa yang
memperoleh pembelajaran Strategi REACT dibanding siswa yang memperoleh
pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan non-equivalent control
group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa
pembelajaran Strategi REACT dan KAM, serta variabel terikat berupa
kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa SMP Negeri 2 Sewon, dengan sampel siswa kelas VII C dan VII
E. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan posttest kemampuan literasi
matematis, skala disposisi matematis, dan lembar catatan lapangan. Teknik
analisis data menggunakan uji anova dua jalur dan uji-t satu pihak (dengan taraf
signifikansi 5%).
Hasil penelitian ini adalah: (1) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran
dan KAM terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis; (2) peningkatan
kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh Strategi REACT lebih
baik dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) tidak
terdapat interaksi antara pembelajaran dan KAM terhadap peningkatan disposisi
matematis; dan (4) peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh
Strategi REACT tidak lebih baik dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran
konvensional.NIM. 11600004 DEVI OCTAVIANA