Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:39:22ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-04-28T04:28:54Z2016-04-28T04:28:54Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20515This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/205152016-04-28T04:28:54ZSTUDI KOMPARASI KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB
ANTARA SISWI PROGRAM UNGGULAN DAN MULTILINGUAL
DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2015/2016Dewi Ferawati, Studi Komparasi Kemahiran Berbahasa Arab Antara Siswi Program Unggulan dan
Multilingual di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Tesis.
Yogyakarta: Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab Program Studi Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga
2016.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah terdapat perbedaan treatment dalam pembelajaran bahasa
Arab antara siswi program unggulan dan multilingual di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah
Yogyakarta. Khusus program multilingual diberikan tahapan pengembangan bahasa seperti pendalaman
materi, karantina bahasa tingkat madya, dan karantina bahasa tingkat purna. Adapun penelitian ini
bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya perbedaan kemahiran menyimak, berbicara, membaca, dan
menulis siswi program unggulan dan multilingual di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil 60 sampel yaitu 30 siswi program
unggulan dan 30 siswi program multilingual di kelas X Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta
tahun pelajaran 2015/2016. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non
probability sampling yaitu purposive sampling dan quota sampling. Pengumpulan data dilakukan
dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas
dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 40 butir soal terbukti valid semua,
sedangkan hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas keempat mahārah sebesar
0,687, 0,840, 0,698, dan 0,810 dinyatakan reliabel. Sebelum analisis data, dilakukan analisis
normalitas dan homogenitas data kemudian dilanjutkan dengan analisis data yaitu analisis
komparasional dalam penelitian ini menggunakan teknik uji perbedaan independent sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak terdapat perbedaan mahārah istimā’ antara siswi program
unggulan dan multilingual. Mean mahārah istimā’ siswi program unggulan lebih tinggi dari siswi
program multilingual yaitu 72,67 dan 70,67. Terbukti juga pada uji perbedaan independent sample
t-test, dapat dilihat angka signifikansi mahārah istimā’ sebesar 0,721 0,05 ( diterima).
Sedangkan hasil konsultasi terhadap (t tabel) diperoleh bahwa sebesar -0,359 lebih kecil dari
2,00, maka hipotesis nihil ( ) diterima. Ini berarti perbedaan mean dua sampel bukanlah perbedaan
mean yang signifikan, melainkan perbedaan yang terjadi hanya secara kebetulan saja (by chance)
sebagai akibat sampling error. (2) Terdapat perbedaan mahārah kalām yang signifikan antara siswi
program unggulan dan multilingual. Mean mahārah kalām siswi program unggulan lebih rendah dari
siswi program multilingual yaitu 67,17 dan 78,80. Terbukti juga pada uji perbedaan independent
sample t-test, dapat dilihat angka signifikansi mahārah kalām sebesar 0,005 0,05 ( ditolak).
Sedangkan hasil konsultasi terhadap (t tabel) diperoleh bahwa sebesar 2,899 lebih besar dari 2,00,
maka hipotesis nihil ( ) ditolak sedangkan hipotesis alternatif diterima ( ). Ini berarti perbedaan
mean dari kedua sampel itu adalah perbedaan yang signifikan. (3) Tidak terdapat perbedaan mahārah
qirā’ah antara siswi program unggulan dan multilingual. Mean mahārah qirā’ah siswi program unggulan
lebih rendah dari siswi program multilingual yaitu 68,33 dan
vii
77,00. Terbukti juga pada uji perbedaan independent sample t-test, dapat dilihat angka signifikansi
mahārah qirā’ah sebesar 0,117 0,05 ( diterima). Sedangkan hasil konsultasi terhadap (t tabel)
diperoleh bahwa sebesar 1,590 lebih kecil dari 2,00, maka hipotesis nihil ( ) diterima. Ini
berarti perbedaan mean dua sampel bukanlah perbedaan mean yang signifikan, melainkan perbedaan yang
terjadi hanya secara kebetulan saja (by chance) sebagai akibat sampling error. (4) Terdapat
perbedaan mahārah kitābah yang signifikan antara siswi program unggulan dan multilingual. Mean
mahārah kitābah siswi program unggulan lebih rendah dari siswi program multilingual yaitu 48,57 dan
61,87. Terbukti juga pada uji perbedaan independent sample t-test, dapat dilihat angka signifikansi
mahārah kitābah sebesar 0,032 0,05 ( ditolak). Sedangkan hasil konsultasi terhadap (t tabel)
diperoleh bahwa sebesar 2,198 lebih besar dari 2,00, maka hipotesis nihil ( ) ditolak sedangkan
hipotesis alternatif diterima ( ). Ini berarti perbedaan mean dari kedua sampel itu adalah
perbedaan yang signifikan.NIM. 1420410167 DEWI FERAWATI, SS, MPDI