Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:16:23ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2020-02-20T03:22:06Z2020-02-20T03:22:14Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35578This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/355782020-02-20T03:22:06ZPENGARUH WORD OF MOUTH, PERCEIVED QUALITY, DAN FAKTOR
PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH BANK
SYARIAH
(Studi Kasus Nasabah Bank Syariah Mandiri Yang Berdomisili di Daerah
Istimewa Yogyakarta)Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh word of mouth, perceived
quality, dan faktor psikologis terhadap keputusan menjadi nasabah di Bank
Syariah Mandiri. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik
nonprobability sampling dan pengambilan secara Accidental Sampling
(Convenience Sampling). Pengumpulan data primer adalah dengan menyedikan
kuisioner. Dalam penelitian ini terdapat 102 kuisioner yang diolah . Metode
analisis data dalam penelitian ini yaiti uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi
kalsik, dan uji hipotesis dengan program SPSS 19.00. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa word of mouth, perceived quality, dan faktor psikologis
berpengaruh simultan terhadap keputusan menjadi nasabah. Secara parsial
variabel word of mouth berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan
menjadi nasabah dengan t hitung 2,737 dengan nilai signifikansi 0,007 < 0,05.
Variabel perceived quality berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan
menjadi nasabah dengan t hitung 7,984 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Dan variabel faktor psikologis berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan
menjadi nasabah dengan t hitung 2,326 dengan nilai signifikansi 0,022< 0,05.
Kata Kunci: Word Of Mouth, Perceived Quality, Faktor Psikologis, Keputusan.15820049 DEWI SAPUTRI