Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:59:01ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-01-28T01:50:08Z2016-01-28T01:50:08Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19108This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/191082016-01-28T01:50:08ZPANDANGAN SISWA NON MUSLIM
TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA MUSLIM
DI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTADEWI WULANDARI. Pandangan Siswa Non Muslim Terhadap Perilaku
Keagamaan Siswa Muslim di SMK Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta:
JurusanPendidikan Agama Islam, FakultasIlmuTarbiyahdanKeguruan, UIN
SunanKalijaga Yogyakarta, 2015.
Latarbelakangpenelitianiniadalahdikarenakan keprihatinan dari peneliti
terhadap kasus-kasus yang menimpa para peserta didik yang sering terjadi.
Dengan adanya hal tersebut maka peneliti ingin melakukan suatu penelitian
dengan menjadikan siswa non muslim sebagai tolok ukur seberapa baik
pendidikan agama Islam pada zaman modern ini.SMK N 1 Yogyakarta
merupakan salah satu sekolah yang memiliki peserta didik dengan latar belakang
keyakinan dan kebudayaan yang cukup beragam. Karena SMK N 1 Yogyakarta
ini masih berada di dalam lingkup Kraton maka masih kentalnya unsur
kebudayaan. Disini peneliti ingin mengetahui bagaimana pandangan dari siswasiswi
non muslim terhadap perilaku keagamaan siswa-siswi muslim, pola
hubungan yang terjalin antara siswa-siswi muslim dan non muslim, dan upaya
tindak lanjut yang dilakukan oleh guru PAI untuk meningkatkan perilaku
keagamaan terhadap siswa-siswi muslim di zaman modern ini.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di
SMK Negeri 1 Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah guru PAI,dan siswasiswi
SMK Negeri 1 Yogyakarta. Sedangkan obyek penelitiannya adalah
mengenai pandangan siswa-siswi non muslim terhadap perilaku keagamaan
teman-temannya yang muslim di SMK Negeri 1 Yogyakarta. Pengumpulan data
dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis. Metode berfikir dalam analisis
data penelitian bersifat induktif dengan menghimpun dan menggabungkan katakata
khusus menjadi kesatuan informasi.
Hasil penelitian menunjukkan: (1)Pandangan dari siswa-siswi non muslim
terhadap perilaku keagamaan siswa-siswi muslim di sekolahnya sebagian besar
baranggapan sudah baik. Terutama mengenai pandangan mereka terhadap agama
Islam, mereka berpendapat bahwa agama Islam itu adalah agama yang sangat baik
karena di dalam islam itu mengajarkan umatnya untuk selalu beribadah setiap saat
bahkan lebih dari satu kali dalam setiap waktunya.(2) Pola hubungan yang terjalin
diantara siswa-siswi non muslim dengan siswa-siswi muslim di SMK N 1
Yogyakarta adalah suatu pola hubungan kerja sama (cooperation).
Polahubungankerjasamainimerupakanbentukpolahubungan yang harmonis.
(3)Tindak tanjut yang dilakukan untuk meningkatkan perilaku keagamaan para
siswa-siswi muslim ini ialah lebih memberikan perhatian khusus terhadap peserta
didik, terutama dalam pengajaran PAI para guru harus lebih ekstra banyak dalam
memberi penjelasan bahwa menjalankan perintah Allah itu sangat wajib bagi umat
muslim. Bukan hanya memberi penjelasan saja, tetapi para guru PAI juga harus
bisa memberikan contoh-contoh yang sesusai dari perintah Allah yang diajarkan
Nabi Muhammad kepada peserta didiknya.NIM. 11410106 DEWI WULANDARI