Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:31:40ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-10-31T02:52:32Z2017-10-31T02:52:32Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28042This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/280422017-10-31T02:52:32ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ROLE PLAYING GAMES (RPG) MENGGUNAKAN SOFTWARE RPG MAKER VX
ACE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP/MTSPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media
pembelajaran berbasis Role Playing Games (RPG) dalam pembelajaran matematika pada materi pokok
perbandingan untuk jenjang SMP/MTs dalam bentuk software serta untuk mengetahui kualitas media
pembelajaran yang dihasilkan apakah layak untuk digunakan atau tidak.
Model pengembangan media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari
tahapan-tahapan pada model daur pengembangan sistem informasi atau System Development Life Cycle
(SDLC). Tahapan-tahapan dalam model ini meliputi tahap analisis sistem, tahap desain sistem, tahap
implementasi sistem, dan tahap operasi dan pemeliharaan. Pengujian media pembelajaran dilakukan
dalam dua tahap yakni pengujian alfa dan pengujian beta. Pengujian alfa merupakan pengujian yang
dilakukan oleh peneliti guna menilai apakah program sudah sesuai dengan yang diinginkan atau belum.
Sementara pengujian beta dilakukan oleh 30 siswa SMP 05 Yogyakarta guna mengetahui penilaian mereka
terhadap media pembelajaran yang dibuat. Sebelum diujikan pada siswa, media pembelajaran berbasis
RPG ini sudah terlebih dahulu dinilai oleh empat orang guru matematika.
Pada penelitian pengembangan ini diperoleh hasil berupa produk media pembelajaran berbasis Role
Playing Games (RPG) dalam pembelajaran matematika untuk materi pokok perbandingan. Selain itu,
media pembelajaran ini juga dinilai baik oleh para guru begitu juga oleh para siswa. Tidak hanya
itu, media ini juga mendapat respon sangat positif dengan skor rata-rata 58,87. Media pembelajaran
juga dinilai efektif karena rata-rata hasil post test siswa pada materi perbandingan adalah 79,17
dengan persentase siswa yang memperoleh nilai 75
sebanyak 80%.NIM. 10600044 DIAH AYU NUR’ANI