Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T00:00:49ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2020-09-18T06:53:17Z2020-09-18T06:53:25Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38484This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/384842020-09-18T06:53:17ZKOLABORASI ANTARA GURU PAI DENGAN PEMBINA PRAMUKA DALAM MEMBANGUN BRANDINGSELF PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 8 PURWOREJOABSTRAK
DIAN FATHUL HIDAYAH. Kolaborasi Antara Guru PAI
dengan Pembina Pramuka dalam Membangun Brandingself
Peserta didik Melalui Kegiatan Kepramukaan Di SMP Negeri 8
Purworejo. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama
Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan
Kalijaga, 2019.
Latar belakang penelitian ini adalah adanya kesulitan
Guru PAI dalam membangun brandingself peserta didik. Hal ini
terlihat dengan adanya peserta didik yang masih merasa tidak
mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, hilangnya
kepercayaan diri, canggung dalam peranan sosialnya, ragu untuk
bertindak, terlalu gelisah dan sibuk memikirkan pandangan orang
lain terhadap dirinya. Akibatnya peserta didik tersebut menjadi
cemas tentang segala sesuatu yang ada pada dirinya. Jika terus
dibiarkan, hal ini tentu akan menghambat perkembangan diri dari
peserta didik itu sendiri. Peserta didik dengan brandingself atau
citra diri negatif memandang tantangan sebagai halangan, yang
menjadikan peserta didik menjadi mudah menyerah. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kolaborasi antara
Guru PAI dengan Pembina Pramuka dalam membangun
brandingself peserta didik melalui kegiatan kepramukaan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field
research). Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan menggunakan analisis data kualitatif. Pengecekan
keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Deskripsi
kegiatan dalam membangun brandingself peserta didik melalui
kolaborasi yang dilakukan Guru PAI dan Pembina Pramuka
meliputi tujuan, pihak-pihak yang terlibat, materi, strategi yang
digunakan serta bentuk kerjasama yang dilakukan. 2) Cara yang
dilakukan Guru PAI dan Pembina Pramuka dalam membangun
brandingself antara lain: a) pembentukan karakter yang
dilakukan melalui kultur sekolah dan kegiatan pramuka, dan b)
peningkatan prestasi dalam bidang pramuka melalui pemberian
tantangan, latihan rutin, membentuk dewan penggalang yang baik, membiasakan sikap disiplin dan motivasi. 3) Hasil
kolaborasi berdasarkan indikator peningkatan brandingself atau
citra diri terlihat bahwa peserta didik memiliki percaya diri yang
kuat, berambisi yang kuat, memiliki toleransi serta solidaritas
yang kuat dan memiliki kepribadian atau karakter unggul serta
religius15410137 DIAN FATHUL HIDAYAH