Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:15:00ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-04-27T06:49:57Z2016-04-27T06:49:57Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20500This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/205002016-04-27T06:49:57ZIMPLIKASI REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI
BELAJAR BAHASA ARAB SISWA PONDOK PESANTREN TA’MIRUL ISLAM SURAKARTADimas Pradipta Pribadi, Implikasi Reward and Punishment Terhadap Motivasi
Belajar Bahasa Arab Siswa Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Tesis,
Yogyakarta: Program Pasca Sarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,
2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk reward and punishment
yang diterapkan di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta dan untuk
mengetahui sejauh mana pengaruh atau implikasi dari reward and punishment
terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam
Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian campuran di mana penelitian kualitatif
dan kuantitatif digunakan secara bergantian. Penelitian kualitatif digunakan untuk
mengetahui bentuk reward and punishment yang diterapkan di Pondok
PesantrenTa’mirul Islam Srakarta, sedangkan penelitain kuantitatif digunakan
untuk mengetahui pengaruh reward and punishment terhadap motivasi belajar
bahasa Arab siswa Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Data penelitian
diambil dengan menggunakan observasi, wawancara, dokuentasi, dan angket.
Teknik analisis data kualitatif menggunakan analisis deskriptif sedangkan teknis
analisis data kuantitatif menggunakan metode statistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bentuk reward yang diterapkan di
Pondok Pesantren Ta’mirul Islam adalah pujian, penghargaan, penghormatan, dan
pemberian kesempatan. 2) Bentuk punishment yang diterapkan di Pondok
Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta adalah pemberitahuan,teguran, peringatan,
dan hukuman fisik. 3) Adanya pengaruh signifikan penerapan reward and
punishment terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa Pondok Pesantren
Ta’mirul Islam Surakarta berdasarkan hasil analisis uji regresi ganda sebesar sig.
0,000 dengan taraf signifikan kurang dari 5% (0,001 0,05) berdasarkan pada
lembar angket pengaruh reward and punishmet terhadap motivasi belajar siswa.NIM. 1420410122 DIMAS PRADIPTA PRIBADI