Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:37:38ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-09-03T05:05:14Z2017-07-28T06:27:43Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9195This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/91952013-09-03T05:05:14ZPENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP MINAT DAN HASIL
BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII MTS N SEYEGAN
SLEMAN
DINA FAIZAH. Pengaruh Konsep Diri Terhadap Minat dan Hasil
Belajar PAI Siswa Kelas VIII MTs N Seyegan Sleman. Skripsi. Yogyakarta :
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. 2013.
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa masih rendahnya minat dan
hasil belajar PAI siswa. Hal ini justru terjadi pada siswa di sekolah yang memiliki
ciri khusus keislaman, seperti di MTs. Hal ini dikarenakan siswa menganggap
bahwa mereka merasa kurang mampu untuk bisa belajar PAI dengan baik. Oleh
karena itu perlu diadakan penelitian tentang pengaruh konsep diri terhadap minat
dan hasil belajar PAI siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada
pengaruh antara konsep diri yang dimiliki dengan minat dan hasil belajar PAI
siswa kelas VIII MTs N Seyegan Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian Lapangan, dengan mengambil lokasi
di MTs N Seyegan Sleman dan menjadikan siswa kelas VIII MTs N Seyegan
Sleman sebagai subjek penelitian. Penelitian ini mengambil sampel 50% dari
jumlah populasi kelas VIII (180 siswa) yaitu sebanyak 90 siswa. Pengumpulan
data menggunakan metode Angket dan Dokumentasi. Analisis instrumen meliputi
analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 30
butir angket konsep diri terdapat 11 butir terbukti valid, 25 butir angket minat
belajar terbukti 15 butir angket valid, sedangkan analisis reliabilitasnya
menunjukkan koefisien reliabilitas untuk konsep diri sebesar sedangkn untuk
minat belajar sebesar dan dinyatakan reliabel, analisis data meliputi analisis
deskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian
menunjukkan : 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara konsep
diri terhadap minat belajar PAI siswa kelas VIII MTs N Seyegan Sleman.
Diperoleh r hitung sebesar 0.714 terletak pada interval 0,60-0,799 dengan kategori
tinggi. Diprekdisikan bahwa variabel kriterium (Y1) rata-rata akan berubah
sebesar 0.974 untuk setiap unit perubahan yang terjadi pada variabel predaktor
(X). 2) Terdapat pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan antara konsep diri
terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII MTs N Seyegan Sleman. Diperoleh r
hitung sebesar 0.085 terletak pada interval 0,00-1,99 dengan kategori sangat
rendah. Diprekdisikan bahwa variabel kriterium (Y2) rata-rata akan berubah
sebesar 0.195 untuk setiap unit perubahan yang terjadi pada variabel predaktor
(X). 3) Pengaruh variabel konsep diri terhadap minat belajar PAI siswa kelas VIII
MTs N Seyegan Sleman lebih besar (0,974) daripada pengaruh variabel konsep
diri terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII MTs N Seyegan Sleman. Ini
artinya variabel konsep diri mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap minat
belajar PAI siswa. Sedangkan untuk variabel konsep diri terhadap hasil belajar
PAI mempunyai pengaruh yang sangat rendah.
NIM. 09410129 DINA FAIZAH