Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:55:35ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-06-30T03:51:26Z2015-10-12T07:47:39Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13148This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/131482014-06-30T03:51:26ZPELAYANAN REFERENSI DI PERPUSTAKAAN
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIPOL)
UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA
Latar Belakang Masalah
Dunia pendidikan di era modern ini sudah berkembang begitu
pesat, termasuk perpustakaan sebagai salah satu pihak yang menyediakan
berbagai sumber informasi. Menurut UU No. 43 Tahun 2007,
perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi, karya tulis, karya cetak
dan atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna
memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian dan rekreasi para
pemustaka (Lasa Hs, 2009:263). Informasi yang ada di perpustakaan
berupa tercetak dan digital.
Jenis sumber informasi dan pelayanan yang diberikan oleh setiap
perpstakaan berbeda-beda tergantung kebutuhan dari pemustakanya. Pada
umumnya perpustakaan memiliki dua jenis pelayanan yaitu pelayanan
teknis dan pelayanan pembaca. Masing-masing bagian dalam pelayanan
tersebut saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain, karena tujuan
perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.
Pelayanan teknis adalah pekerjaan perpustakaan dalam
mempersiapkan buku agar nantinya dapat digunakan untuk
menyelenggarakan pelayanan pembaca (Martoatmojo, 2009:1.1).
Pelayanan teknis meliputi kegiatan pengadaan, pengolahan bahan pustaka
dan juga pemeliharaan bahan pustaka. Dalam pelayanan pembaca ada dua
pelayanan yang secara umum digunakan di berbagai perpustakaan,
diantaranya pelayanan sirkulasi dan pelayanan referensi. Pelayanan
referensi merupakan bantuan yang diberikan kepada pemustaka secara
perorangan ketika dia mencari informasi. Bantuan ini dilakukan oleh
pustakawan terlatih khusus untuk memenuhi kebutuhan informasi
pemustaka, baik secara langsung bertatap muka, melalui telepon, maupun
secara elektronik (Widyawan, 2012:2). Pelayanan referensi merupakan
pelayanan secara langsung yang diberikan kepada pemustaka untuk
keperluan studi dan riset.
Tujuan pelayanan referensi adalah untuk memenuhi kebutuhan
pemustaka mencakup mencari informasi dan menggunakan sumber
informasi yang ada diperpustakaan. Sebagai lembaga selalu berusaha
memberikan pelayanan secara adil dan tidak memihak. Pelayanan referensi
merupakan suatu bentuk layanan untuk membantu pengguna perpustakaan
menemukan informasi dengan jalan menjawab pertanyaan-pertanyaan
yang diajukan pengguna dengan cara menunjukkan sumber-sumbernya.
Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Gadjah Mada Yogyakarta merupakan perpustakaan Fakultas yang berada
didalam naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah
Mada. Dengan kedudukan perpustakaan FISIPOL UGM tersebut maka
koleksi yang dimiliki perpustakaan mencakup koleksi tentang ilmu-ilmu
sosial dan politik. Bahan koleksi yang dimiliki perpustakaan terdiri dari
bahan koleksi sirkulasi, referensi dan koleksi tandon. Bahan koleksi yang
dimiliki oleh perpustakaan FISIPOL UGM diantaranya handbook, kamus,
ensiklopedi dan bibliografi. Di ruang referensi juga terdapat bahan pustaka
lain yang dapat digunakan sebagai bahan pustaka rujukan diantaranya
skripsi, tesis, disertasi, jurnal, majalah, dan koleksi tandon. Bahan koleksi
referensi di perpustakaan FISIPOL UGM dilayankan kepada pengguna
dengan sistem terbuka (open access).
Di perpustakaan FISIPOL UGM yang menjadi kendala adalah dari
petugas di layanan referensi dan ruang referensi yang terbatas. Karena
petugas referensi di perpustakaan FISIPOL UGM bukanlah seseorang
yang ahli di bidang perpustakaan. Hal tersebut menjadi kendala karena
petugas kurang menguasai apa yang sebenarnya menjadi tanggungjawab di
layanan referensi tersebut. Selain itu juga kondisi ruang referensi yang
terbatas membuat koleksi di perpustakaan tersebut terlihat kurang rapi dan
kadang membuat pemustaka terlihat kesusahan dalam mencari koleksi
yang dibutuhkannya.
Dalam laporan ini akan membahas tentang ”Layanan Referensi di
Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL)
Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.”
NIM. 11130048 DINA RACHMAWATI