Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:27:58ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-10-14T00:57:23Z2017-01-31T07:51:11Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14154This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/141542014-10-14T00:57:23ZPENERAPAN STRATEGI CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II MI MA’ARIF KEBONSARI BOROBUDUR MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014Penerapan strategi card Sort untuk meningkatkan
kemampuan membaca pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II MI
Ma’arif kebonsari Borobudur Magelang. SKRIPSI. Yogyakarta: Jurusan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.
Kata kunci : Strategi Cart Sort, Kemampuan membaca.
Pembelajaran di kelas II Ma’arif kebonsari Borobudur, Magelang khususnya
dalam hal kemampuan membaca masih rendah. Yang diketahui dari indicator
kemampuan membaca siswa masih rendah. Hal ini terbukti dari beberapa siswa
dalam membaca masih kurang tepat dalam ucapan atau lafal, masih kurangnya
ketepatan irama atau intonasi kalimat, kurangnya penguasaan tanda baca dan
masih lambatnya ketepatan mata membaca bacaan. Observasi kemudian
dilakukan sharing dengan teman sejawat, kemampuan membaca siswa masih
sangat rendah di pengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya motivasi belajar
siswa rendah, guru belum menerapkan strategi pembelajaran yang variatif dan
menarik. Selain itu guru juga belum mengoptimalkan media pembelajaran. Tujuan
penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan strategi cart sort untuk
meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II MI Ma’arif kebonsari
Borobudur, Magelang Tahun 2013/2014.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dalam bentuk siklus
dari siklus I ke siklus berikutnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan
pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran
dengan mengunakan strategi card sort dapat dilaksanakan dengan baik terlihat
dari kemampuan membaca siswa. (2) Menggunakan strategi cart sort dapat
meningkatkan kemampuan membaca hal ini terbukti pada kondisi awal pra siklus
siswa yang tuntas dalam pembelajaran adalah 8 dari 12 atau 58% dan yang belum
tuntas dalam pembelajaran adalah 5 dari 12 siswa atau 42%. Pada siklus I siswa
yang tuntas dalam pembelajaran adalah 9 dari 12 siswa atau 75% dan siswa yang
belum tuntas dalam pembelajaran adalah 3 dari 12 siswa atau 25 % . pada siklus II
siswa yang tuntas dalam pembelajaran adalah 12 siswa atau 100%. Dengan
demikian tingkat ketuntasan siswa sudah lebih dari 80% sehingga tindakan
perbaikan pembelajaran pada siklus II mengalami peningkatan.
NIM. 12485126 DUROTUL YATIMAH