Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:52:02ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-04-22T02:22:34Z2015-04-22T02:22:34Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15829This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/158292015-04-22T02:22:34ZPENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANAK USIA DINI DI RA TAHFIDZ AL-QUR’AN JAMILURRAHMAN BANGUNTAPAN BANTULSekolah sebagai lembaga pendidikan formal memiliki program pembelajaran
yang terstruktur untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Agar tercapai
tujuan dengan baik, perlu ada sinergitas antara sekolah dan orang tua. Materi
penanaman nilai agama yang telah diberikan di sekolah harus ada keberlanjutan di
rumah melalui penciptaan suasana yang kondusif agar nilai agama dapat terinternalisasi
dalam diri anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui apa saja nilai-nilai
agama yang ditanamkan kepada anak didik di RA Tahfidz al-Qur’an Jamilurrahman, (2)
mengetahui bagaimana metode yang digunakan dalam proses penanaman nilai-nilai
agama kepada anak didik di RA Tahfidz al-Qur’an Jamilurrahman, (3) mengetahui
dampak psikologis penanaman nilai-nilai agama bagi anak didik di RA Tahfidz al-
Qur’an Jamilurrahman.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat
deskriptif kualitatif, yang mengambil latar di RA Tahfidz al-Qur’an Jamilurrahman
Banguntapan Bantul. Penelitian ini berusaha melihat secara mendalam dan memaparkan
pelaksanaan penanaman nilai-nilai agama kepada anak didik. Teknik pengumpulan data
yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan penelitian
menggunakan pendekatan psikologi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis
kualitatif yang terdiri dari tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, serta
penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian adalah; pertama, nilai-nilai agama yang ditanamkan di RA
Tahfidz al-Qur’an Jamilurrahman adalah nilai keimanan/aqidah, nilai ibadah, dan nilai
akhlak. Ketiga nilai tersebut terperinci dalam beberapa materi, yaitu Aqidah, Fiqh,
Akhlaq, Do’a Harian, Siroh dan Bahasa Arab. Sedangkan Tahfidz al-Qur’an merupakan
program yang menjadi unggulan di RA ini. Kedua, metode yang diterapkan yaitu
metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, metode hukuman, metode
bercerita, metode karya wisata, dan metode eklektik. Adapun metode bernyanyi yang
menjadi salah satu metode yang banyak digunakan di sekolah-sekolah TK, tidak
digunakan di RA ini. Ketiga, ditinjau dari efektifitas dan keberhasilan penanaman nilainilai
agama pada anak didik di RA Tahfidz al-Qur’an Jamilurrahman yang telah
diupayakan dengan berbagai kegiatan pembelajaran dan program yang ada di sekolah,
mampu mewujudkan pribadi anak yang baik. Hal ini terlihat dari dampak psikologis
yang dialami anak didik, dengan munculnya kesadaran anak dalam menerapkan
perilaku Islami dan melakukan ibadah (sholat fardhu, muroja’ah hafalan, dll) baik di
rumah maupun di sekolah. Anak juga mampu melakukan amar ma’ruf nahi munkar
kepada orang lain di lingkungan sekolah maupun rumah.
Kata Kunci: Penanaman nilai-nilai agama, anak usia dini, RA Tahfidz al-Qur’an JamilurrahmanNIM. 1120430008 DWI HASTUTI