Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:22:53ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-03-07T01:33:20Z2016-03-07T01:33:20Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19662This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/196622016-03-07T01:33:20ZNILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM EKSTRAKURIKULER HADRAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PAJANGAN BANTULDWI NUR SAHID. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Ekstrakurikuler
Hadrah di MIN Pajangan Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam
Negeri Sunan Kalijaga, 2015.
Pada kesenian hadrah banyak terkandung beberapa nilai yang terkait dengan
aspek-aspek pendidikan seperti ketuhanan (tauhid), ibadah, dan budi pekerti
(karakter). Nilai-nilai pendidikan karakter di sekolah dapat ditanamkan dengan
cara diintegrasikan pada mata pelajaran, dan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Di
MIN Pajangan Bantul ekstrakurikuler hadrah merupakan salah satu kegiatan
ekstrakurikuler yang dijadikan sebagai salah satu wadah dalam upaya madrasah
menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada peserta didik.
Berdasarkan latar belakang di atas rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah (1) bagaimana proses kegiatan ekstrakurikuler hadrah di MIN Pajangan
Bantul, (2) nilai-nilai karakter apa saja yang dikembangkan dalam proses kegiatan
ekstrakurikuler hadrah di MIN Pajangan Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan
(field reserch) dengan mengambil tempat penelitian di MIN Pajangan Bantul.
Subjek penelitian ini adalah guru ekstrakurikuler hadrah dan siswa-siswa yang
mengikuti kegiatan ekstrakurikuler hadrah. Untuk informan pendukungnya adalah
Kepala Madrasah dan Wakil Kepala Madrasah. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan (verifikasi). Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan
adalah triangulasi yaitu teknik pemeriksaan data dengan cara menggabungkan
berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Adapun
triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan
triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ekstrakurikuler hadrah MIN Pajangan
Bantul diikuti oleh 21 siswa campuran putra dan putri dari kelas III-VI dimana
runtutan acara pada setiap latihan adalah pembukaan, pemberian materi vokal dan
materi tabuhan, pembacaan shalawat (penggarapan lagu), dan penutup. Pada
materi vokal siswa diajarkan untuk mampu menguasai tiga lagu shalawat yaitu
Maḥallul Qiyam, Allahummaṣalli’alâ Muhammad, dan Yâ Hanânâ. Sedangkan
pada materi tabuhan siswa diajarkan tiga tabuhan dasar hadrah yaitu tikah, grinji,
dan golong. Nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan dalam
ekstrakurikuler hadrah adalah relegius, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif,
mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/
komunikatif, dan tanggung jawab.
Kata Kunci : Ekstrakurikuler, Hadrah, Nilai-nilai Pendidikan KarakterNIM: 11480049 DWI NUR SAHID